Profesi Baru Khabib Usai Pensiun dari UFC

Profesi Baru Khabib Usai Pensiun dari UFC

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Khabib Nurmagomedov resmi pensiun dari UFC seusai mengalahkan Justin Gaethje dalam duel yang berlangsung pada Minggu (25/10/2020) dini hari WIB.

Dia mempertahankan gelar juara kelas ringan miliknya setelah memenangi duel UFC 254 melawan Justin Gaethje melalui submission pada ronde kedua. 

Selain mempertahankan gelar juara kelas ringan, kemenangan atas Justin Gaethje juga mengukuhkan rekor tak terkalahkan milik Khabib. 

Kini, Khabib Nurmagomedov telah mengoleksi catatan karier profesional MMA dengan rekor 29-0.

Adapun alasan Khabib Nurmagomedov pensiun adalah karena sudah berjanji kepada ibunya yang tidak mengizinkan putranya bertarung lagi. 

"Hari ini adalah pertarungan terakhir saya," ucap Nurmagomedov setelah duel UFC 254. 

"Tidak mungkin lagi saya bertarung tanpa ayah saya." 

"Ketika UFC memberitahu saya soal pertarungan dengan Gaethje, saya bicara dengan ibu tiga hari setelah ayah berpulang." 

"Ibu tidak ingin saya bertarung tanpa ayah, tetapi saya berjanji pada ibu bahwa ini adalah yang terakhir," ucap Nurmagomedov menambahkan. 

Khabib kehilangan sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov, yang meninggal dunia menjelang pertarungan melawan Justin Gaethje.

Pasca pensiun sebagai petarung, Khabib ternyata tidak sepenuhnya meninggalkan dunia MMA (Mixed Martial Arts). Dia akan melanjutkan kariernya sebagai pelatih.

Petarung berusia 32 tahun itu telah berbicara tentang keinginannya menjadi pelatih. 

"Kami memiliki banyak anak muda untuk dilatih," kata Khabib dalam video dengan pelatihnya Javier Mendez dari AKA (American Kickboxing Academy).

"Kami akan segera kembali ke puncak. Saya akan membantu Anda (Javier Mendez). Saya akan selalu membantu Anda," lanjut Khabib yang tampaknya ingin tetap terlibat dengan olahraga ini dan melanjutkan warisan mendiang ayahnya.