EkonomiInternasional

Produsen Tahan Pasokan, Harga Minyak Naik Lagi

JAKARTA (Senayanpost.Com) – Harga minyak mentah dunia mencapai posisi tertinggi dalam waktu lima minggu terakhir ini. Hal tersebut terjadi, karena ada rencana produsen utama minyak untuk menahan pasokan di tengah membajirnya minyak di pasaran.

Sebagaimana dikutip dari viva.co.id, Selasa 16 Agustus 2016, harga minyak mentah Brent ditutup naik US$1,38, atau 2,9 persen menjadi US$48,35 per barel. Sejak 12 Juli Brent telah naik sekitar 10 persen secara kumulatif dalam tiga sesi terakhir.

Sedangkan harga minyak West Texas Intermediate (WTI) naik US$1.25, atau 2,8 persen, di level US$45,74 per barel.

Secara terpisah, sebuah jajak pendapat Reuters menunjukkan jumlah persediaan minyak mentah AS telah turun minggu lalu.

Menteri Energi Rusia Alexander Novak memicu harapan pada hari Senin bahwa negara-negara penghasil minyak bisa mengambil tindakan untuk menstabilkan harga.

Harga minyak terus melonjak pasca Menteri Energi Saudi Khalid al-Falih mengatakan, non-anggota dan anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) akan bertemu di Forum Energi Internasional di Algeria pada tanggal 26-28 September 2016.

“Sementara kita melihat sangat sedikit kemungkinan aktualisasi produksi OPEC dibatasi,” ucap Jim Ritterbusch, Konsultan Minyak Ritterbusch & Associates dari Chicago. Analis lain skeptis bahwa reli akan berlanjut.

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close