Internasional

Pria Ukraina Ini Selamat dari Pesawat Jatuh di Iran

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pria Ukraina ini boleh jadi merasa dirinya orang paling beruntung sejagat raya karena selamat dari jatuhnya pesawat di Iran. Seharusnya dia naik ke pesawat itu, namun memutuskan untuk mengganti jadwal penerbangannya.

Diberitakan Associated Press, Senin (13/1), pria tersebut adalah Andrey Buzarov, analis politik Timur Tengah dari Ukraina. Dia berada di Teheran untuk menghadiri konferensi yang diadakan Kementerian Luar Negeri Iran.

Buzarov telah memegang tiket untuk pulang ke Ukraina, yakni penerbangan maskapai Ukraine International Airlines nomor 752 dari bandara Teheran menuju Kiev pada 8 Januari 2020.

Namun Buzarov memutuskan menambah masa tinggalnya di Teheran hingga Jumat. Alasannya? Dia ingin jalan-jalan dan menikmati pemandangan kota. Keputusannya ini ternyata menyelamatkan nyawanya.

Pesawat Boeing 737-800 yang seharusnya dia naiki jatuh tidak lama setelah tinggal landas. Setelah awalnya membantah, Iran akhirnya pada Sabtu (11/1) mengaku militernya tidak sengaja menembak jatuh pesawat itu dengan rudal. Seluruh 176 penumpang dan kru tewas.

“Saya mengetahuinya beberapa jam setelah kecelakaan. Kawan saya, orang Iran, datang dan menunjukkan foto dari media sosial lokal Iran. Media belum menuliskannya, tidak ada informasi apapun,” kata Buzarov.

Dia mengaku sangat beruntung. Hal pertama yang dilakukannya adalah memberi tahu ibunya bahwa dia masih hidup. Masalahnya, ibunya tinggal di wilayah Ukraina yang dikuasai pemberontak dan sinyal sangat sulit.

Ibunya menggunakan Facebook, tapi media sosial itu dilarang di Iran. Namun dia berhasil membuka Facebook setelah menggunakan VPN.

“Lalu ibu saya jadi tenang,” kata Buzarov.

Jatuhnya pesawat Ukraina terjadi di tengah ketegangan antara Iran dan AS atas pembunuhan Jenderal Qassem Soleimani. Ribuan orang mengantarkan jasad Soleimani ke makamnya, seraya mengecam AS.

Namun setelah Iran mengakui menembak jatuh pesawat Ukraina, opini di negara itu berubah 180 derajat. Aksi protes menggema di Teheran dan beberapa kota, memprotes tindakan pemerintah Iran.

“Protes ini menunjukkan tingkat ketidakpercayaan generasi muda terhadap politisi di dalam Iran,” kata Buzarov.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close