Nasional

Presiden: Tol Trans Sumatera Picu Pertumbuhan Ekonomi Daerah

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang sebagian menyambungkan Bakauheuni-Palembang dapat memicu pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Dengan terbangunnya tol ini kita harapkan ada daya saing yang lebih baik, dan juga pertumbuhan ekonomi di sekitar jalan tol,” ujar Presiden saat berada di pos pembangunan tol ruas Bakauheuni-Terbanggibesar, Provinsi Lampung, Jumat (23/11/2018).

Presiden menjelaskan, fasilitas jalan tol di Sumatera ini nantinya akan terintegrasi dengan sejumlah kawasan ekonomi khusus yang sedang dibangun. Seluruh pembangunan jalan tol Trans Sumatera akan tersambung pada 2024.

Pembangunan jalan tol itu juga dipersiapkan dapat terintegrasi dengan fasilitas infrastruktur transportasi lain, seperti jalur kereta api cepat.

“Semua negara kan seperti itu, jadi lebih irit dan lebih efisien,” katanya.

Presiden juga menyampaikan penghitungan terhadap Internal Rate of Return (IRR) dan keuntungan investasi juga dikalkulasi secara matang. Pembangunan infrastruktur juga dipersiapkan untuk menarik minat berinvestasi.

Kepala Negara mengharapkan, dengan adanya kemudahan mobilitas dan transportasi, baik barang maupun orang dapat meningkatkan daya saing bangsa.

Diketahui, Jalan Tol Bakauheni menuju Palembang dibangun sepanjang 350 km. Sedangkan untuk ruas yang menyambungkan Bakauheni-Terbanggibesar mencapai 148 kilometer dan ditargetkan selesai pada akhir 2018. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close