Internasional

Presiden Suriah Dijadwalkan Temui Kim Jong-un di Korut

PYONGYANG, SENAYANPOST.com – Selain berencana menggelar pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un juga dijadwalkan akan berjumpa dengan Presiden Suriah Bashar Al Assad.

Kantor berita KCNA pada Minggu (3/6) melaporkan, Assad akan mengunjungi Kim Jong-un di Korut. Namun, laporan itu tidak merinci lebih lanjut mengenai tanggal pertemuan.

Sejauh ini, media Suriah belum mengabarkan tentang rencana tersebut.

Dilansir dari CNN, jika pertemuan keduanya terwujud, maka Assad akan menjadi pemimpin dunia pertama yang mengunjungi Kim Jong-un di Pyongyang.

Surat kabar partai buruh Korea yang berkuasa, Rodong Sinmun, menyebut Assad telah menyampaikan rencana kunjungannya kepada duta besar Korea Utara untuk Suriah.

Seperti diketahui, kedua negara telah mempertahankan hubungan persahabat hingga kini.

Laporan Rodong Sinmun, seperti dikutip dari NHK, Assad mengatakan kepada duta besar bahwa perkembangan yang signifikan dan positif terjadi di Semenanjung Korea selama kepemimpinan Kim.

Pemerintah Suriah menyatakan akan terus memberikan dukungan penuh kepada semua kebijakan pemerintah Korea Utara.

“Dunia menyambut peristiwa luar biasa di semenanjung Korea baru-baru ini di bawah kepemimpinan Kim Jong Un,” demikian pernyataan Assad.

“Saya yakin, dia akan mencapai kemenangan akhir dan mewujudkan reunifikasi Korea tanpa kegagalan,” lanjutnya.

Pengumuman tersebut terjadi di tengah peningkatan diplomasi internasional terhadap Kim Jong-un.

Selain telah bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di zona demiliterisasi Korea, dia juga pernah mengunjungi Beijing untuk berjumpa dengan Presiden China Xi Jinping.

Pekan lalu, Jong-un juga bertemu Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov di Pyongyang. Dan, pada 12 Juni mendatang, Kim Jong-un akan bertemu dengan Trump di Singapura. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close