FeaturesNasional

Presiden Segera Terbitkan Inpres Penghematan Anggaran

JAKARTA (SenayanPost.com) – Presiden Jokowi akan segera menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) yang berisi penghematan anggaran untuk belanja Kementerian Lembaga sebesar Rp65 triliun.
“Inpres akan terbit setelah satu atau dua hari,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, usai rapat koordinasi penyesuaian anggaran di Jakarta, Jumat (12/8/2016).
Hingga saat ini, penyesuaian berupa penghematan anggaran ini telah menghasilkan efisiensi sebesar Rp6,5 triliun dari perjalanan dinas, rapat-rapat dan konsinyering serta Rp 8,3 triliun dari belanja operasional Kementerian Lembaga.
Darmin memastikan penyesuaian belanja ini tidak akan mengganggu kegiatan ekonomi, karena dilakukan terhadap belanja operasional non prioritas yang tidak mendukung kinerja perekonomian secara keseluruhan.
Sumber penghematan lainnya dari efisiensi yang dihasilkan dari proses lelang Kementerian Lembaga diantaranya melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebesar Rp2,1 triliun dan Kementerian Kesehatan sebanyak Rp875 miliar.
Langkah lain yang dilakukan pemerintah adalah memperbaiki duplikasi anggaran Kementerian Lembaga dan alokasi Dana Alokasi Khusus (DAK) seperti di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebesar Rp 1,4 triliun. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close