Presiden Palestina Bertemu Dengan Pemimpin Kongres Yahudi Sedunia, Ini yang Dibahas

Presiden Palestina Bertemu Dengan Pemimpin Kongres Yahudi Sedunia, Ini yang Dibahas
Pemimpin Kongres Yahudi Sedunia Ron Lauder bertemu Presiden Palestina Mahmoud Abbas (foto Tempo.co)

JAKARTA, SENAYANPOST.com -  Ketua Kongres Yahudi Sedunia Ronald Lauder memenuhi undangan pertemuan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas secara pribadi di Tepi Barat kemarin.

Reuters melaporkan pada Minggu (11/10/2020), Kongres Yahudi Sedunia dalam pernyataannya mengatakan Lauder bertemu pemimpin Palestina itu sebagai kunjungan pribadi atas undangan Abbas untuk membahas isu Palestina dan Timur Tengah.

Laporan Arab News menyatakan, Lauder yang juga pemimpin Kongres Yahudi Amerika mengadakan kunjungan tanpa pemberitahuan lebih dulu ke Ramallah untuk bertemu Presiden Abbas.

Miliarder Amerika ini tiba di Ramallah dengan mengendarai helikopter Yordania dan mengadakan pertemuan cukup lama dengan Presiden Abbas sebelum kembali ke Yordania.

Anggota senior Komisi Pusat Fatah, Hussein Sheikh membenarkan kunjungan Lauder melalui Twitter.

Seorang sumber di kantor Presiden Palestina menjelaskan kepada Arab News bahwa pertemuan itu difokuskan pada isu Palestina-Israel dan pemilu Palestina yang akan datang yang akan menguntungkan Organisasi Pembebasan Palestina.

Presiden Abbas mengatakan posisi Palestina independen dan tidak akan terkait dengan poros politik manapun. Presiden Palestina ini juga menegaskan untuk menolak negosiasi apapun berdasarkan rencana perdamaian yang digagas Presiden Donald Trump.

Ron Lauder dikenal dekat dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Trump.