Internasional

Presiden Korsel: Jong-un Siap Lakukan Denuklirisasi dan Bertemu Trump

SEOUL, SENAYANPOST.com – Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un sekali lagi menunjukkan tekadnya melakukan denuklirisasi secara penuh. Keinginan itu disampaikan Jong-un saat bertemu dengan Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in.

Dalam pertemuan itu, Jong-un juga menegaskan sikapnya mengenai proses perdamaian di Semenanjung Korea.

“Kim Jong-un dan saya setuju bahwa pertemuan 12 Juni harus diadakan dengan sukses, dan bahwa upaya kami untuk denuklirisasi semenanjung Korea dan rezim perdamaian abadi tidak boleh dihentikan,” ucap Jae-in, seperti dilansir Reuters, Minggu (27/5).

Seperti diketahui, Sabtu kemarin Jong-un dan Jae-in melakukan sebuah pertemuan mendadak diadakan di sisi utara garis demarkasi antara kedua belah pihak.

Dalam pertemuan mendadak itu, Jong-un juga menyatakan kesiapaanya melakukan pertemuan dengan dengan Presiden AS Donald Trump.

Sementara itu, terkait pertemuan Trump dan Jong-un, Gedung Putih dilaporkan telah mengirim tim ke Singapura untuk mempersiapkan pertemuan itu.

Sekretaris pers Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tim pendahuluan untuk Singapura akan pergi sesuai jadwal untuk mempersiapkan pertemuan.

Trump sejatinya telah menyatakan bahwa dia membatalkan pertemuan dengan Jong-un pada hari Kamis lalu. Namun, sehari berselang, Trump menyatakan bahwa pertemuan 12 Juni mungkin akan tetap berlangsung.

“Kami sedang melakukan pembicaraan yang sangat produktif dengan Korut tentang mengatur kembali KTT yang, jika itu terjadi, kemungkinan akan tetap di Singapura pada tanggal yang sama, 12 Juni., Dan, jika perlu, akan diperpanjang melampaui tanggal tersebut,” cuit Trump di akun Twitternya.(WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close