Internasional

Presiden Jokowi Titip 80.000 Orang TKI ke Sultan Brunei

BOGOR, SENAYANPOST.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitipkan warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Brunei Darusalam kepada Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah. Jumlah WNI di Brunei mencapai 80.000 orang dan sebagian besar bekerja.

“Kita memiliki 80 ribu WNI yang tinggal di Brunei. Berarti sekitar 20 persen dari total penduduk Brunei,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai mendampingi Jokowi bertemu dengan Bolkiah di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/5/2018).

Menurut dia, Bolkiah sangat berterima kasih atas keberadaan TKI di Brunei. Para TKI dinilai telah memberikan kontribusi, baik secara ekonomi maupun sosial.

“Dan, Presiden juga menitipkan kembali keberadaan WNI di sana. Sultan mengatakan sudah menjadi komitmen baginya untuk memperhatikan keamanan dan kesejahteraan mereka yang ada di Brunei,” ujar dia.

Retno menjelaskan Indonesia dan Brunei juga segera membahas dan menegosiasikan draf kesepakatan bersama (MoU) mengenai penempatan dan perlindungan WNI di Brunei.

“Pada tingkat menteri luar negeri kita sudah sepakat menyegerakan negosiasi tersebut. Dengan harapan negosiasi dapat segera diselesaikan,” kata dia.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close