Nasional

Presiden Jokowi Targetkan Angka Stunting Jadi 14 Persen di 2024

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memasang target stunting atau tubuh pendek harus turun ke angka 14 persen pada 2024. Hal ini merupakan bentuk komitmen Presiden untuk menangani masalah stunting di Tanah Air.

Presiden Jokowiampaikan target ini meny dalam acara Peresmian Pembukaan Kompas100 CEO Forum Tahun 2019 di Grand Ballroom Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2019).

“Lima tahun ke depan berada pada angka, kemarin dari Bappenas meminta targetnya 19 persen. Saya masih tidak mau, saya ngotot 14 persen,” tegas Presiden Jokowi.

Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah ini optimistis target stunting turun ke angka 14 persen tercapai. Dengan catatan, pelbagai pihak bekerja sama dan fokus menyelesaikan akar persoalan.

“Kalau dikerjakan terus bukan sesuatu yang sulit didapat (target stunting) tapi memang perlu kerja keras dan fokus untuk mempertajam, menutup masalah-masalah,” ujarnya.

Presiden Jokowi melanjutkan, pada 2013 angka stunting berada pada 37 persen. Kemudian pada 2018 turun ke angka 30 persen. Hingga pada 2019 hanya bertengger pada angka 27 persen. Data tersebut berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas).

Sebelumnya, Wakil Presiden Maruf Amin mengungkapkan keinginan pemerintah untuk menekan angka stunting lima tahun ke depan. Dia menyebut, pemerintah menargetkan angka stunting berada di bawah 20 persen.

“Kita ingin menurunkan angka stunting dalam lima tahun ke depan menjadi di bawah 20 persen,” kata dia.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close