Nasional

Presiden Jokowi Resmikan PLTB Sidrap

SIDRAP, SENAYANPOST.com¬†–¬†Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pembangkit listrik bertenaga bayu (PLTB) alias ‘kebun angin’ di Sidrap, Sulawesi Selatan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan sejumlah pejabat lainnya.

“Mengucap Bismilah saya resmikan PLTB 75 megawatt ini,” kata Jokowi sembari menekan sirene tanda diresmikannya ‘kebun angin’ Sidrap ini di lokasi, Sidrap, Senin (2/7/2018).

Setelah melakukan penekanan sirene, Jokowi langsung menuju sebuah prasasti untuk melakukan penandatanganan.

Saat ini sebanyak 30 Wind Turbin Generator (WTG) yang terpasang pada PLTB Sidrap telah menghasilkan energi listrik untuk Sistem Sulawesi Bagian Selatan.

Pembangkit yang berlokasi di Desa Lainungan, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan ini menggunakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sekitar 40% dan menyerap sekitar 1150 tenaga kerja.

Di lahan seluas 100 hektar, telah terpasang 30 turbin yang memiliki ketinggian 80 meter dan baling-baling sepanjang 57 meter. Daerah ini kini menjadi salah satu wisata untuk masyarakat di Sulawesi Selatan yang berjarak sekitar 150 km dari Kota Makassar.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close