Nasional

Presiden Jokowi Kembali Tengok Korban Gempa-Tsunami Sulteng Hari Ini

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Rabu (3/10/2018) pagi hari ini, kembali mengunjungi Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Dia bakal meninjau langsung penanganan dampak bencana gempa bumi disertai tsunami melanda wilayah itu pada 28 September lalu.

Berdasarkan keterangan Biro Pers Istana, Jokowi bertolak melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta menggunakan pesawat Boeing 737-400 TNI AU pada pukul 07.00 WIB.

Setibanya di Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri, Kota Palu, Presiden akan meninjau sejumlah daerah terdampak bencana seperti Kelurahan Petobo, Rumah Sakit Wirabuana, hingga Hotel Roa-Roa.

Selain itu, Jokowi akan mengunjungi sejumlah hunian terdampak bencana dan lokasi pengungsian di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Ini merupakan kali kedua Presiden mengunjungi Palu dan Donggala pascabencana gempa dan tsunami di sana. Kunjungan pertama dilakukan pada Minggu (30/9) pekan lalu dua hari setelah bencana terjadi.

Kunjungan kedua dilakukan setelah ia kemarin memimpin langsung rapat terbatas mengenai penanganan dampak bencana di sana. Dalam ratas, Presiden menginstruksikan penanganan cepat terhadap kendala di lapangan.

Pemerintah juga sedang menyiapkan Instruksi Presiden (Inpres) untuk dasar hukum penanganan cepat rehabilitasi, rekonstruksi, serta penerimaan bantuan internasional bagi daerah terdampak bencana di Sulawesi Tengah.

Beberapa menteri mendampingi Jokowi dalam kunjungan hari ini seperti Menko PMK Puan Maharani, Menristekdikti M. Nasir, Mensos Agus Gumiwang, serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Rencananya, Presiden beserta rombongan langsung kembali ke Jakarta sore hari melalui landasan helikopter di halaman Kantor Bupati Donggala dan berganti pesawat di Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri, Palu.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close