Transportasi

Presiden Jokowi Imbau Pemudik Gunakan Tol Bocimi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau para pemudik dari Jakarta tujuan Jawa Barat bagian selatan agar menggunakan jalur alternatif baru yaitu Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,3 km.

Hal tersebut menurut Jokowi bisa menjadi jalur alternatif bagi pemudik yang biasa terjebak macet di jalur Ciawi ke arah Sukabumi.

Mulai Jumat (8/6/2018) kemarin, lanjut Jokowi, ruas ini sudah dibuka secara fungsional tanpa tarif sampai sepekan setelah Lebaran.

“Melalui ruas tol ini, waktu tempuh Ciawi-Cigombong akan berkurang jauh dari sekitar satu sampai dua jam menjadi hanya sekitar 20 menit,” ujar Jokowi melalui akun Facebook-nya seperti dikutip SenayanPost, Sabtu (9/6/2018).

Dalam akunnya tersebut, Jokowi menjelaskan, selama tol Bocimi dibuka fungsional, telah disiapkan tiga pintu tol, yakni pintu Tol Ciawi, Cimande/Caringin, dan Cijeruk/Cigombong.

“Pengelola juga menyediakan tempat perhentian sementara bagi pemudik di kilometer 10+700 yang dilengkapi parkir kendaraan, toilet, dan musala,” tulisnya.

Disebutkan, panjang Jalan Tol Bocimi ini seluruhnya mencapai 54 kilometer. Tol ini akan memangkas jarak dan waktu tempuh Bogor-Sukabumi yang berjarak sekitar 67 kilometer bila melalui jalan arteri dari semula sekitar 5 jam menjadi sekitar satu dua jam saja.

“Adapun tol fungsional di jalur Trans Jawa akan dibuka seluruhnya sejak pukul enam pagi ini untuk mudik Lebaran 2018,” tutup Jokowi.

 

KOMENTAR
Tags
Show More
Close