Presiden Guatemala Positif Corona

Presiden Guatemala Positif Corona
Presiden Guatemala, Alejandro Giammattei. Foto/AFP

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Presiden Guatemala Alejandro Giammattei menyatakan dirinya positif virus corona usai jalani tes. 

Ia terjangkit corona di saat Guatemala tengah melonggarkan pengetatan di sektor transportasi yang telah berjalan beberapa bulan untuk menekan penularan virus di negara Amerika Tengah itu. 

“Hasil tes virus corona positif,” kata Giammattei kepada stasiun radio setempat, dikutip dari Reuters, Sabtu (19/9/2020). 

Pemerintah juga mengkonfirmasi bahwa Menteri Kebudayaan Guatemala positif corona. 

Giammattei mengatakan bahwa dirinya positif corona dengan gejala ringan. Ia pun telah meminta seluruh kabinetnya untuk segera dites corona, dan melakukan kerja secara virtual untuk sementara waktu. 

Tiga hari lalu, presiden berusia 64 tahun itu menyampaikan pidato Hari Kemerdekaan di Kongres yang dilanjutkan dengan sesi foto, berbaur dengan anggota parlemen. Selain itu, ia pun beberapa kali melakukan aktivitas dengan para politisi di Guatemala. 

Secara umum, penularan corona di Amerika Tengah, mulai menurun. Kondisi ini memicu dibukanya bandara internasional yang digunakan untuk penerbangan komersial sejak ditutup pada pertengahan Maret lalu. Pembatasan di darat dan laut pun juga mulai dilonggarkan. 

Guatemala sendiri telah mencatat 84.344 kasus virus corona dengan angka kematian capai 3.076.