Nasional

Premium Bakal Lancar Lagi di Jawa, Madura dan Bali

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa mengungkapkan pihaknya berupaya memperbanyak pasokan BBM jenis Premium untuk wilayah Jawa, Madura, dan Bali (Jamali).

Hal itu untuk mengurangi kelangkaan Premium yang banyak dirasakan masyarakat belakangan ini.

Ia menambahkan, dari 3.445 SPBU yang ada di wilayah Jamali, hanya sekitar 44% atau sebanyak 1.519 SPBU yang menyediakan BBM jenis Premium. Sementara 56% sisanya atau sebanyak 1.926 SPBU tidak menjual Premium.

“Padahal di Juni 2017, SPBU non Premium 800 buah saja (24%)” kata Fanshurullah, di Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Nantinya pertamina bakal menyediakan Premium setelah Presiden Jokowi menandatangani revisi Pepres 191/2014. Kemudian BPH Migas akan segera menugaskan Pertamina untuk segera menyediakan Premium di 1.926 SPBU wilayah Jamali.

“Jadi jika Revisi Pepres 191/2014 ditandatangani di mana di Jamali, jadi ada JBKP (Jenis BBM Khusus Penugasan) untuk RON 88, maka BPH Migas akan menginstruksikan Pertamina di 1.926 SPBU yang non Premium harus ada jual Premium (Ron 88),” kata dia.

Untuk memperbanyak pasokan BBM jenis Premium untuk wilayah Jamali, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) bakal menambah kouta BBM jenis Premium menjadi 12,5 juta kiloliter (KL), dari sebelumnya sekitar 7,5 juta KL di tahun ini. Tambahan Premium sebanyak 5 juta KL itu dikhususkan untuk wilayah Jamali.

Dengan adanya tambahan pasokan tersebut, maka PT Pertamina (Persero) ditugaskan untuk menyediakan Premium di seluruh SPBU yang ada di wilayah Jamali. Sehingga, masyarakat bisa mendapatkan Premium dengan mudah. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close