Sepak Bola

Prancis Lolos 16 Besar, Argentina Tersungkur

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Hasil mengejutkan kembali tersaji pada Matchday ke-8 Piala Dunia 2018 yang berlangsung semalam hingga dini hari tadi.

Matchday ke-8 dibuka dengan pertandingan dari grup C antara Denmark kontra Australia.

Australia yang kalah di laga pembuka melawan Prancis dengan skor 1-2 tentu mengincar poin di laga kedua kali ini agar tak tersingkir.

Namun, anak buah Bert Van Marwijk hanya meraih hasil imbang 1-1 di Samara Arena, Samara, Kamis (21/6/2018) pukul 19.00 WIB.

Satu gol socceroos dicetak Mile Jedinak pada menit ke-38 melalui titik putih membawa Australia menyamakan kedudukan atas gol yang terlebih dahulu Denmark hasilkan via Christian Eriksen (7′)

Sejak babak pertama dimulai, laga berjalan dengan tempo cepat.

Kedua tim amat intens melakukan serangan-serangan agresif.

Namun, timnas Denmark akhirnya berhasil unggul lebih dahulu via sepakan keras sang bintang, Christian Eriksen pada menit ketujuh.

Petaka kemudian datang bagi Denmark pada menit ke-36.

Tangan sang pemain, Yussuf Yurary Poulsen, terlihat menyentuh bola saat berusaha mengadang sundulan pilar Australia, Matthew Lackie.

Setelah meninjau Video Assistant Referee (VAR), wasit Antonio Mateu mantap memberikan hadiah tendangan penalti kepada skuat yang dilatih Bert van Marwijk, sekaligus memberikan kartu kuning kepada Yurary.

Sang eksekutor tendangan penalti, Mile Jedinak, tak menyia-nyiakan peluang untuk membuat gol penyama kedudukan pada menit ke-38.

Hingga pertandingan usai, skor imbang 1-1 tak berubah.

Di pertandingan kedua, Timnas Prancis menang 1-0 atas timnas Peru dalam laga lanjutan Grup C di Ekaterinburg Arena, Kamis (21/6/2018).

Dikutip dari situs resmi FIFA, timnas Peru sebenarnya tampil lebih mendominasi.

Tim beralias La Blanquirroja ini memimpin penguasaan bola dengan 56 persen. Dari segi peluang, Peru memiliki 10 yang 2 di antaranya mengarah tepat sasaran.

Adapun timnas Prancis mempunyai 12 kesempatan, di mana 4 menuju ke gawang. Dari 12 kesempatan yang ada itu, hanya 1 yang berbuah gol.

Pada menit ke-34, Kylian Mbappe memecahkan kebuntuan untuk Les Bleus. Mendapat bola liar dari sepakan Olivier Giroud yang diblok bek Peru, Alberto Rodriguez, Mbappe dengan mudah mengarahkan bola ke gawang kosong.

Hasil 1-0 ini bertahan hingga berakhirnya pertandingan sekaligus memulangkan Paolo Guerrero dkk. dari Rusia

Hasil paling mengejutkan terjadi pada pertandingan yang digelar dini hari ini (22/6/2018)

Timnas Argentina harus mengakui keunggulan Kroasia dengan skor 0-3 di Stadion Nizhny Novgorod!

Sepanjang pertandingan, timnas Argentina tampil lebih mendominasi dengan 58 persen penguasaan bola. Namun, dalam hal peluang, timnas Kroasia ternyata mampu mengungguli Argentina.

Timnas Kroasia mampu menciptakan 15 peluang yang 5 di antaranya tepat sasaran. Sementara Argentina hanya mampu melepaskan 10 tembakan dengan 3 shots on target.

Laga sendiri baru berjalan panas ketika memasuki babak kedua dimana semua gol Kroasia tercipta. Timnas Kroasia justru berhasil mencetak gol pertamanya melalui Ante Rebic di menit ke-50.

Gol ini tercipta akibat kesalahan kiper Willy Caballero dalam membuang bola yang tidak sempurna dan langsung disambut Ante Rebic dengan sebuah tendangan voli.

Tertinggal 0-1 membuat pelatih Jorge Sampaoli melakukan beberapa perubahan. Ia langsung menarik keluar Sergio Aguero, Eduardo Salvio, dan Enzo Perez serta memasukkan Gonzalo Higuain, Cristian Pavon, dan Paulo Dybala.

Pergantian pemain secara masif ini tak merubah keadaan. Argentina justru kian runyam setelah sepasang gol kembali menghujam gawang Caballero.

Pada menit ke-80, aksi individu Luka Modric berhasil diakhiri dengan sebuah tembakan melengkung indah yang tak mampu dijangkau Willy Caballero.

Tertinggal 0-2 membuat performa timnas Argentina menurun drastis dan hal ini berhasil dimanfaatkan oleh Kroasia untuk menambah pundi-pundi gol.

Timnas Kroasia berhasil memperbesar keunggulan menjadi 3-0 melalui sepakan sederhana Ivan Rakitic pada menit ke-90+1.

Kekalahan dari Kroasia menempatkan Argentina dalam masalah besar. Nasib Argentina di Piala Dunia 2018 kini juga bergantung hasil pertandingan lain.

Sebab Argentina baru mengumpulkan satu poin dari dua pertandingan. Di laga pertama, Lionel Messi dkk. diimbangi Islandia.

Peluang Argentina untuk lolos ke babak 16 besar pun belum sepenuhnya tertutup. Tapi nasib mereka juga ditentukan oleh hasil laga lain.

Lantas, bagaimana Argentina bisa lolos ke babak 16 besar?

Saat ini di Grup D, Kroasia dan Argentina sudah memainkan dua pertandingan. Sementara Nigeria dan Islandia baru akan saling berhadapan pada Jumat (22/6) malam WIB.

Jika Islandia menang, maka Argentina harus mengalahkan Nigeria di laga terakhir, Rabu (27/6/2018) dini hari WIB. Tak cuma itu, Argentina juga harus berharap Islandia kalah dari Kroasia di laga terakhir dan kalah selisih gol dari mereka.

Jika Nigeria dan Islandia imbang, Argentina butuh kemenangan atas Nigeria plus hasil imbang atau kekalahan Islandia di laga melawan Kroasia.

Jika Nigeria menang atas Islandia, maka Argentina wajib menang di pertandingan terakhir. Argentina juga harus punya selisih gol lebih baik daripada Islandia apabila mereka menang atas Kroasia di laga pamungkas. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close