Lintas Daerah

Potensi Cuaca Ekstrem di DIY Diprakirakan hingga Pertengahan November

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Yogyakarta mengungkap adanya fenomena MJO (Madden Julian Oscillation) atau aliran massa udara basah. Adanya MJO ini, berpotensi memunculkan terjadinya cuaca ekstrem.

“Fenomena Madden Julian Oscillation ini akan sampai pertengahan November,” kata Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi, BMKG Yogyakarta Djoko Budiono, Kamis.

Ia mengemukakan, aliran massa udara basah atau fenomena Madden Julian Oscilation (MJO) muncul dari Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera menuju ke wilayah Indonesia terutama Jawa yang menyebabkan kondisi atmosfer wilayah tersebut sangat basah.

Selain MJO, menurut Djoko pertumbuhan awan hujan di Yogyakarta juga dipicu munculnya tekanan udara rendah di barat Sumatera dan barat daya Jawa.

Pada awal musim hujan ini, menurut dia, potensi munculnya cuaca ekstrem seperti hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpeluang muncul terutama di siang, sore dan malam hari. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close