Nasional

Potensi Besar 300 Kapal Nelayan Pantura Siap Digeser Ke Natuna

Jakarta -Wilayah Kepulauan Natuna dinilai memiliki Sumber Daya Alam (SDA) laut yang amat kaya. Potensi ikan di Natuna mencapai 1,1 juta ton dan jumlah nelayan yang kecil membuat banyak negara yang melakukan penangkapan ikan secara ilegal di wilayah tersebut.
Menanggulangi hal tersebut, pemerintah berencana memindahkan 300 kapal nelayan di Pantai Utara Jawa (Pantura) untuk melaut di Kepulauan Natuna.
“Hasil stock assesment yang dilakukan tahun 2015 itu 1,1 juta ton. Kecil (jumlah nelayan) hanya sekitar 3.000 nelayan. Rencananya jumlahnya excercise sekitar 300 kapal. Nah kalau 1 kapal ada 10 orang berarti 3.000 nelayan, kalau di kapal 15 orang ya 4.500 nelayan,” tutur Plt Dirjen Perikanan Tangkap, Zulficar Mochtar, di Gedung Mina Bahari III, Jakarta, Kamis (21/7/2016).
Nelayan yang digeser ke perairan Natuna ini adalah nelayan yang dulunya menggunakan kapal cantrang. Mereka yang dipindah juga melalui beberapa proses sebelum akhirnya digeser ke Natuna.
“Yang menggunakan kapal eks cantrang jadi bukan cantrangnya yang dibawa ke sana, jadi kita ukur ulang dulu, diskusi dengan pemda nelayan diukur ulang, ada kesepakatan dia siap melaut disana, baru deh jadi ada beberapa proses,” ujar Zulficar.
Nelayan ini ditargetkan sudah bisa berlayar di Natuna pada akhir 2016.
“Sebelum akhir tahun (beroperasi di Natuna), tahun 2016 pokoknya mereka harus sudah bisa. Nah inilah yang kita harus ke sana,” kata Zulficar.
(dtc)

KOMENTAR
Lihat selanjutnya
Close