Positif Covid-19, Walkot Jambi Syarif Fasha Minta yang Pernah Kontak Dengannya Uji Swab

Positif Covid-19, Walkot Jambi Syarif Fasha Minta yang Pernah Kontak Dengannya Uji Swab
Walkot Jambi Syarif Fasha (foto Akhmad Sadad-SP)

JAMBI, SENAYANPOST.com - Setelah dinyatakan positif Covid-19, Walikota Jambi, Syarif Fasha, meminta kepada seluruh pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi, serta siapa saja yang pernah melakukan kontak erat dengan dirinya untuk melakukam uji swab.

"Kepada seluruh pejabat atau non pejabat, ASN atau non ASN Pemerintah Kota Jambi, apabila dalam waktu satu minggu ke belakang ada yang pernah kontak erat dengan saya, bersalaman, ngobrol, duduk di samping daya, atau lainnya, agar melakukan uji swab," ujar Fasha lewat rekaman video pendek yang diunggah di media sosial pribadinya, Rabu (16/9/2020).

Ia mengatakan, uji swab perlu dilakukan untuk memastikan orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan dirinya tidak terpapar Covid-19. Ia sendiri saat ini tengah menjalani isolasi di salah satu rumah sakit di Jakarta setelah dinyatakan positif Covid-19.

Walikota Jambi dua periode yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada Minggu (13/9/2020) itu menegaskan siapa pun yang pernah kontak dengan dirinya untuk melakukan uji swab, bukan rapid test. "Kalau rapid hasilnya bisa negatif. Kalau swab bisa ketahuan jika positif," katanya.

Kepada jajaran Pemerintah Kota Jambi, Syarif Fasha menginstruksikan agar tidak melaksanakan rapat di ruang tertutup. Dia menyarankan untuk melaksanakan rapat di ruang terbuka jika harus melaksanakan rapat.

Untuk sistem pelaporan kinerja pemerintahan, Syarif Fasha meminta agar dilakukan melalui aplikasi sistem informasi pelayanan administrasi terpadu perkantoran (Sipadek). Pelaporan tidak lagi menggunakan kertas guna menghindari kontak secara langsung.

Adanya hal ini, Syarif Fasha juga meminta Dinas Kesehatan Kota Jambi untuk melakukan tracking atau pelacakan terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan dirinya, terutama dalam sepekan terakhir. (WS)