Internasional

Posisi Najib Razak di Pucuk UMNO Diganti Orang Jawa

JAKARTA, SENAYANPOST.com — Partai yang pernah berkuasa di Malaysia, UMNO, mendaulat wakil Najib, Ahmad Zahid Hamidi (64) sebagai ketua yang baru.

Ahmad Zahid Hamidi menggantian mantan perdana menteri yang menjadi pesakitan korupsi, Najib Razak.

Seperti dikutip dari AFP, dalam kabinet pemerintahan Najib sebelumnya, Ahmad diketahui pernah menjabat menteri pertahanan.

Dalam pemilihan ketua baru UMNO, Ahmad Zahid mengalahkan dua kandidat lain yang juga mantan menteri di Malaysia yakni Khairy Jamaluddin dan Tengku Razaleigh Hamzah.

Ahmad Zahid mendapatkan 78 dukungan dari 191 suara. Sementara itu, Khairy mendapatkan 53 suara, dan Tengku Razaleih mendapatkan 28 suara.

Peneliti dari Institut Politik Penang, Malaysia, Wong Chin mengaku tak percaya dengan kemenangan Ahmad Zahid itu akan membantu UMNO untuk bangkit setelah skandal 1MDB yang menyeret Najib Razak.

“Kemenangan Ahmad (Zahid) mengisyaratkan oposisi yang enggan, oportunis dan agresif yang tidak akan berubah,” katanya dikutip dari AFP, Sabtu (30/6/2018).

Ahmad Zahid sendiri merupakan keturunan Indonesia yakni Jawa. Ayahnya berasal dari Kulonprogo, Yogyakarta, sementara ibunya dari Ponorogo, Jawa Timur.

Bukan hanya Ahmad Zahid saja yang memiliki urutan darah dari Indonesia, Najib pun disebutkan memiliki garis darah ke bangsa Indonesia. Mantan Perdana Menteri Malaysia itu diketahui sebagai keturunan suku Bugis, Sulawesi Selatan. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close