Lintas Daerah

Populasi Sapi Potong di DIY Mencukupi

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Populasi sapi potong di Daerah Istimewa Yogyakarta mampu memenuhi kebutuhan daging di wilayah ini.

Kepala Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta, Sasongko, Kamis (18/10/2018) di Yogyakarta mengatakan kebutuhan sapi potong di DIY rata-rata mencapai 80 ekor per hari.

Sedangkan, populasi sapi dari empat kabupaten dan satu kota di DIY saat ini sekitar 350 ribuan ekor. “Jika dihitung kebutuhan sapi DIY dalam setahun kebutuhannya mencapai 365 kali 80 ekor atau kurang dari 30 ribuan, berarti dapat dipenuhi dari daerah sendiri,” ujarnya.

Sementara untuk menjaga ketersediaan bahkan percepatan peningkatan populasi sapi DIY, pemerintah menggulirkan program Upaya Khusus (Upsus) Sapi Indukan Wajib Buntung (Siwab) dengan layanan Inseminasi Buatan (IB) gratis.

Disebutkan target sapi yang menjadi sasaran IB pada 2018 ini sebanyak 100.800 ekor sapi betina. “Harapannya sekitar 80 persen dari sekitar 100.800 sapi yang di IB tersebut akan melahirkan,” katanya.

Jenis sapi yang disasar dalam program Upsus Siwab ini disesuaikan dengan keinginan peternak, semua jenis sapi akan dipenuhi, namun diharapkan ternak yang diikutkan adalah sapi yang berkualitas. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close