Kesehatan

Ponpes Gontor 2 Ponorogo Diisolasi Usai 1 Santri Positif Corona

JAKARTA, SENAYANPOST.com
Seorang santri Pondok Pesantren Gontor 2, di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona. Atas kondisi ini, seluruh santri di ponpes itu harus menjalani isolasi untuk sementara waktu.

“Untuk sementara warga ponpes yang ada di dalam tidak diperkenankan untuk keluar pondok, begitu juga tidak diperkenankan menerima tamu/kunjungan untuk keperluan apa pun kecuali pemenuhan kebutuhan pokok dan pelayanan kesehatan,” kata Bupati Ponorogo, Ipong Muslchlisoni, dilansir dari Antara, Selasa (7/7).

Ipong mengatakan, saat ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Ponorogo sedang melakukan tracing untuk mengetahui dengan siapa saja santri tersebut berkontak langsung. Ia juga memastikan pihaknya akan mengawasi dan memantau pelaksanaan isolasi ini.

“Sementara di pondoknya sedang dilakukan tracing terhadap kontak erat. Semoga upaya ini dapat mengendalikan dan mencegah penularan lebih lanjut,” ujarnya.

Ipong menjelaskan, pasien positif virus corona ini merupakan santri yang berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur. Dia datang kembali ke Ponpes Gontor 2 pada 17 Juni lalu tanpa membawa surat keterangan bebas COVID-19.

Setelah 2 pekan, Dinkes Jawa Timur mengkonfirmasi bahwa orang tua santri tersebut terpapar virus corona. Dinkes Ponorogo kemudian memeriksa santri tersebut dan hasilnya positif.

“Saat ini yang bersangkutan sudah diisolasi di rumah sakit. Sementara di pondoknya sedang dilakukan tracing terhadap kontak erat,” kata Ipong.

Hingga kini kasus positif virus corona di Kabupaten Ponorogo tercatat ada 56 orang. 32 pasien di antaranya dinyatakan sembuh. Sedangkan 24 lainnya masih menjalani perawatan dan isolasi mandiri.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close