Nasional

Polri Siapkan Personel Antisipasi Demo May Day

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Polri menyiapkan personel mengantisipasi kemungkinan terburuk pada peringatan hari buruh (May Day) pada 2 Mei. Karena peringatan May Day akan diwarnai demo menolak Perpres No 20/2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing.

”Sudah disiapkan, seperti rutin saja per tahun,” ungkap Wakapolri Komjen Pol Syafruddin usai rapat rencana pengamanan May Day di kantor Kemenko Polhukam, Senin (23/4/2018).

Meski Polri belum menerima permohonan izin terkait aksi yang akan diselenggarakan saat May Day, persiapan pengamanan sudah dilakukan.

Syafruddin memastikan, Polri tidak akan kebobolan. Sebab, mereka tinggal menyesuaikan diri dengan permohonan izin dari pedemo. Kesiapan itu berlaku bukan hanya di Jakarta. Melainkan juga di derah lain. ”Polda Jabar kalau di Jabar, Polda Banten kalau di Banten,” tambahnya.

Polri juga sudah menyiapkan pasukan khusus dari Korps Brimob untuk mengamankan aksi buruh. Bertempat di Mako Brimob, Depok, kemarin Korps Brimob menyelenggarakan apel kesiapan dalam rangka pengamanan event penting sepanjang tahun ini. May Day termasuk salah satu agenda yang mendapat atensi dari Brimob.

Menurut Komandan Pasukan Pelopor Brimob Brigjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca, pihaknyanya sudah mengumpulkan sejumlah informasi berkaitan dengan aksi yang akan diselenggarakan para buruh.

”Ada beberapa lokasi yang sudah jadi sasaran demonstrasi, khususnya di Jakarta,” terang Verdianto. Sejauh ini, beberapa titik di sekitar Monas masih menjadi lokasi demo.

Untuk itu, sejumlah personel dari Satuan Pelopor Brimob sudah disiapkan. Meski enggan menyebut angka, Verdianto memastikan personel yang disiapkan cukup untuk mengawal demo.

”Kekuatan massa selalu kami imbangi,” imbuhnya. Selain Monas, dia juga sudah mendapat informasi ada potensi pergerakan sejumlah buruh ke sekitar Gelora Bung Karno (GBK). (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close