HukumOlahraga

Polri Siapka 170 Ribu Personel Amankan Asian Games

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Polri telah menyiapkan pengamanan untuk kelancaran penyelenggaraan Asian Games 2018. Pengamanan melibatkan empat Kepolisian Daerah (Polda) sesuai dengan lokasi penyelenggaraan Asian Games.

“Asian games melibatkan cukup banyak hampir 170 ribu personel di empat provinsi, empat polda. Sehingga kita harapkan partisipasi masyarakat untuk menciptakan situasi yang aman dan damai,” kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto di Jakarta, Minggu (1/7/2018).

Polda Jawa Barat, Metro Jaya, Banten dan Sumatera Selatan merupakan Polda yang bergerak dalam pengamanan Asian Games tersebut.

Penyelenggaraan Asian Games yang juga berbarengan dengan tahapan pendaftaran pemilihan presiden dan calon legislatif menurut Setyo tidak menjadi masalah bagi Polri.

Menurut dia, Polri sudah menyiapkan berbagai skenario pengamanan hingga lalu lintas.

Dalam persiapan pengamanan, Polri akan melakukan berbagai uji coba rekayasa lalu lintas. Hal ini bertujuan agar para atlet dapat terhindar dari kemacetan saat menuju venue olahraga. Selain itu, para penonton juga diharapkan dapat terhindar dari kemacetan.

“Itu harus lancar ini akan kita latih dan akan kita simulasikan terus sehingga semuanya nanti bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan,” kata Setyo.

Polri menjadi salah satu instansi yang mendukung penuh Asian Games. Setyo berharap, hajatan internasional yang langka bagi Indonesia ini bisa terlaksana dengan baik dan masyarakat mau berpartisipasi aktif di Asian Games.

“Kita bisa terlaksana dengan baik karena ini hajatan langka kita belum tahu kapan Indonesia akan jadi tuan rumah lagi tapi tentunya momen sekarang ini harus kita manfaatkan dengan situasi yang aman dan damai,” katanya.

Asian Games 2018 merupakan Pesta Olahraga Asia ke-18, yang akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus – 2 September 2018.

Asian Games akan diselenggarakan di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang, serta beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung yang tersebar di Jawa Barat dan Banten.

Jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 40 cabang, terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close