Polri

Polri Beri Beri Bantuan 190 Ribu Sopir Terdampak Corona Rp 600 Ribu

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Untuk meringankan dampak pendemi corona (Covid-19) terhadap para pengemudi atau sopir, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan memberi bantuan sosial senilai Rp600 ribu per bulan.

Setidaknya akan terdapat lebih dari 190 ribu orang pengemudi atau sopir yang akan menerima bantuan Korlantas Polri imbas virus corona  di Indonesia saat ini.

“Ada 197.256 orang yang sudah terdata oleh kepolisian di seluruh Polda untuk mendapat bantuan Program Keselamatan. Nantinya ada bantuan yang kami berikan berupa uang sebesar 600 ribu per bulan selama tiga bulan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga,” kata Kepala Korlantas Polri Inspektur Jenderal Istiono melalui keterangan resmi, Rabu (15/4/2020).

Ia menjelaskan, pihak yang nantinya akan mendapat bantuan sosial tersebut merupakan pengemudi-pengemudi bus, truk, angkutan umum, ojek konvensional, andong, becak, kernet, bajaj atau bemo dan juga mobil rental yang berada di seluruh Indonesia dan sudah terdata.

Pembagian dana bantuan itu, kata dia, akan dilakukan secara serentak di 34 provinsi yang terbagi dalam tiga tahap. Pembagian pertama akan dilakukan dalam periode waktu 15 April hingga 15 Mei, kemudian tahap kedua pada 16 Mei hingga 15 Juni, dan terakhir pada 16 Juni hingga 15 Juli 2020.

Dalam pendistribusian bantuan sosial tersebut, pihak kepolisian bekerja sama dengan bank pemerintah sehingga dalam penerapannya sesuai dengan kebijakan Physical Distancing.

“Bantuan nantinya akan dikirim melalui buku tabungan dan kartu debit, dan masyarakat yang mendapatkan bisa langsung menggunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” kata dia.

Dalam hal ini, total bantuan senilai Rp600 ribu itu akan terbagi dalam bentuk bantuan sosial dan juga pelatihan penanganan virus covid-19 serta pelatihan tertib berlalu lintas.

Menurut dia, hal tersebut dilakukan sesuai dengan Maklumat Kapolri dan juga instruksi Presiden Joko Widodo selama penanganan covid-19. Seperti diketahui, sejumlah profesi tersebut turut terdampak akibat diberlakukannya kebijakan physical distancing atau pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di beberapa wilayah. (WS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close