Hukum

Polri akan Kembali Panggil Facebook Indonesia

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Polri akan kembali memanggail pihak Facebook Indonesia untuk menjalani pemeriksaan tahap dua terkait kasus pencuria data pengguna Facebook di Tanah Air.

Menutut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Muhammad Iqbal, Facebook Indonesia akan diperiksa tim penyidik Dit Tipidsiber Bareskrim Polri setelah peringatan Hari Buruh Internasional.

Alasan pemeriksaan karena Facebook Indonesia masih terdapat beberapa hal krusial yang perlu dikonfirmasi pemain layanan over the top (OTT) asing itu.

“Jadi ada beberapa hal yang sudah kita dapat untuk kepentingan penyidik. Tentunya soal Facebook ini kan belum masuk pada ranah pro-Justitia, jadi masih dalam ranah konfirmasi interview dan yang lainnya,” kata Iqbal, Senin (30/4/2018).

Ia mengimbau agar Facebook Indonesia agar kooperatif pada pemanggilan kedua kali ini. Sebab, pada pemanggilan pertama, Facebook Indonesia tidak kooperatif dan meminta pemanggilan ulang.

“Saya mengimbau agar Facebook ini lebih kooperatif. Mudah-mudahan panggilan kedua ini mereka [Facebook Indonesia] bisa lebih kooperatif,” ujarnya.

Sementara itu, petinggi Facebook global akan bersilaturahmi dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dalam waktu dekat untuk mendiskusikan isu kebocoran data 1 juta pengguna Facebook di Indonesia.

BACA JUGA: Mendagri: Kebocoran Data Facebook Tak Berefek ke DPT Pilkada

Dirjen Aplikasi dan Informatika (Aptika) pada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Samuel Abrijani Pangerapan mengungkapkan silaturahmi tersebut akan dilakukan petinggi Facebook di Kantor Menkominfo.

BACA JUGA: Polri Periksa Facebook Indonesia Usut Kebocoran Data

Menurut pria yang akrab disapa Sammy tersebut, agenda kedatangan petinggi Facebook global ke Indonesia yaitu untuk memberikan updatesecara langsung terkait sejumlah langkah yang dilakukan Facebook untuk mengatasi kebocoran data penggunanya di Indonesia.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close