Polisi Tegur Paslon Pilkada di Gorontalo yang Abai Protokol Covid

Polisi Tegur Paslon Pilkada di Gorontalo yang Abai Protokol Covid

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Pasangan calon pilkada di Gorontalo, Saiful A. Mbuinga-Suharsi Igirisa, mendapat teguran dari kepolisian karena tidak mengindahkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Acara yang digelar bakal calon pasangan calon Saiful A. Mbuinga-Suharsi Igirisa dalam bentuk konser deklarasi itu digelar di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo,  dan kemudian menjadi viral di media sosial Twitter. 

Massa yang hadir mengelilingi panggung konser. Mereka tidak menjaga jarak satu sama lain. Banyak pula orang yang tidak memakai masker.

Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono membenarkan adanya surat teguran ini.

"Kami sudah berikan surat teguran kepada pihak yang melaksanakan kegiatan dimaksud (konser deklarasi paslon)," katanya, Kamis (10/9/2020).

Karena sudah diberi teguran, Wahyu mengatakan pihak kepolisian tidak membuka penyelidikan lebih lanjut terkait kegiatan tersebut.

Dia menjelaskan, pihak kepolisian menyerahkan penindakan sesuai aturan terhadap pelanggaran kegiatan-kegiatan terkait pilkada kepada pihak penyelenggara, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) ataupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Sesuai ketentuan yang diatur, jika nanti memang ada laporan yang mesti ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian, pastinya akan dikoordinasikan," ujar dia.

Wahyu mengatakan pihak kepolisian akan menjaga netralitas dalam penyelenggaraan pemilu dan tetap profesional.

"Polda  Gorontalo sendiri sudah menunjuk Pamatwil untuk turun di wilayah masing-masing kabupaten yang melaksanakan pilkada untuk selalu mengecek bagaimana pengamanan kegiatan Pilkada dan juga bagaimana pelaksanaan protokol kesehatan," katanya. (Jo)