Hukum

Polisi Tangkap Satu Lagi Tersangka Pembunuh Sopir Grabcar Palembang

SUMSEL, SENAYANPOST.com – Aparat Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan menangkap satu lagi dari empat tersangka perampokan dan pembunuh Kiagus Sofyan (43), sopir taksi daring Grabcar di Kota Palembang.

“Tersangka satu lagi berhasil kami tangkap,” ujar Kasubdit III Jatanras Polda Sumsel, AKBP Yoga Baskara, di Palembang, Jumat (16/11/2018).

Ia menjelaskan, tersangka berinisial AC (21) ditangkap di Kabupaten Musi Rawas Utara. Sebelumnya, RD (42) dan FR (16) sudah diamankan, tinggal satu tersangka lagi berinisial AK yang masih dicari polisi.

Dengan ditangkapnya RD, FR dan AC, artinya masih ada satu pelaku lagi yang terus dikejar jajaran Jatanras Polda Sumsel, karena diketahui korban bernama Kiagus Sofyan (43) sopir taksi daring dibunuh oleh empat orang lelaki.

Ketiga tersangka yang sudah diamankan tersebut pertama RD (42) ditangkap oleh tim Jatanras Polda Sumsel di Desa Sungai Lanang, Kecamatan Rawas Ulu, Musi Rawas Utara, kemudian dua tersangka lagi FR (16) dan AC (21), warga Desa Kertasari, Kecamatan Karang Dapo, Musi Rawas Utara menyerahkan diri ke Polsek Karang Dapo.

Kapolsek Karang Dapo, IPTU Yani Iskandar membenarkan dua tersangka FR (16) dan AC (21) menyerahkan diri setelah pihaknya melakukan langkah-langkah persuasif dan pendekatan kepada keluarga tersangka.

“Awalnya tersangka maupun keluarga tersangka takut apabila tersangka diserahkan akan disiksa dan ditembak, kami menjelaskan apabila tersangka menyerahkan diri ke pihak kepolisian akan dijamin keamanan dan keselamatannya,” kata Kapolsek.

“Sebenarnya dua tersangka ini mengaku merasa ketakutan setelah beredar isu bahwa para tersangka yang belum tertangkap akan ‘diselesaikan’, maksudnya ditembak dalam keadaan hidup atau mati,” tambah Kapolsek.

Dia berharap kepada satu pelaku lagi juga segera menyerahkan diri, sebelum aparat kepolisian memberikan tindakan tegas, karena seluruh pelaku harus bertanggung jawab atas perbuatan yang dilakukannya hingga menghilangkan nyawa seseorang.

Peringatan keras Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, yang akan mengejar hidup atau mati tiga buronan pelaku pembunuh sopir Grabcar Sofyan membuat ketakutan Franata Ariwibowo alias Fran inisial FR.

Pihak keluarganya menyerahkan Fran ke Mapolsek Karang Dapo, Musirawas Utara, Kamis (15/11/2018) pukul 17.00 WIB. Tiga jam kemudian, satu tersangka lagi yang menyerahkan diri ke Polsek Karang Dapo, yakni Acundra alias Acun inisial AC. Hasil pemeriksaan sementara, FR diketahui pelaku yang mencekik Sofyan hingga tewas.

Jenazah Sofyan sopir grabcar ditemukan polisi pada Selasa (13/11/2018) di area semak belukar kebun sawit dalam kondisi tinggal tulang belulang, antara perbatasan Desa Muara Lakitan Musi Rawas dan Kecamatan Karang Dapo Musi Rawas Utara.

Setelah tulang belulang itu ditemukan, selanjutnya korban langsung dibawa ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Palembang untuk dilakukan tes DNA dan memastikan jika tulang itu adalah memang Sofyan.

Pihak keluarga mengenali jasad korban dari pakaian yang menempel di tubuhnya. Dalam pemeriksaan, dokter menemukan keretakan pada rahang kiri Sofyan yang diduga itu akibat pukulan benda keras.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close