Kriminal

Polisi Segel SPBU Jual BBM Oplosan

PONOROGO, SENAYANPOST.com – Pengguna kendaraan yang mengisi BBM di sebuah SPBU Ponorogo dirugikan. Pasalnya SPBU itu melakukan praktek nakal dengan menjual BBM Oplosan dan ternyata sudah 6 bulan melakukan praktek curang tersebut. Modus yang dilakukan dengan membangun tangki bawah tanah khusus.

“Tangki tersebut digunakan untuk mencampur bio solar dengan premium,” kata Kasat Reskrim AKP Maryoko, Senin (17/6/2019).

AKP Maryoko menyebut campuran tersebut perbandingannya 500 liter bio solar dicampur dengan 15ribu liter premium. Kemudian dari hasil campuran tersebut, diambil 500 liter yang dicampur lagi dengan 15ribu liter pertamax.

“Nah pertamax oplosan itulah yang dijual kepada konsumen,” katanya.

Proses pencampuran dilakukan dengan menyalurkan campuran bio solar melalui tangki bawah tanah penyimpanan pertamax.

“Kemudian pertamax oplosan tersebut dijual kepada konsumen,” lanjutnya.

Praktek curang dilakukan oleh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang beroperasi di Desa Bangunrejo Kecamatan Sukorejo Ponorogo.

Dari kecurangan tersebut Sat Reskrim Polres Ponorogo berhasil menangkap manager pom berinisial A dan petugas keamanan berinisial D saat tertangkap basah sedang melakukan pengoplosan pada pukul 01.00 Minggu dini hari.

Selain mengamankan kedua pelaku, Polres Ponorogo juga mengamankan beberapa barang bukti seperti selang, pipa dan nozel yang digunakan untuk mengoplos.

Serta buku laporan keuangan harian. Maryoko menyebut pelaku dijerat dengan undang-undang nomor 22 tahun 2001 pasal 54 dan 55 tentang menyalahgunakan bahan bakar minyak subsidi dengam ancaman hukuman maksimal 6 tahun.

“Pelaku masih dalam pemeriksaan lebih lanjut. Kami juga berkordinasi dengan pertamina depo Madiun, apakah ada keterlibatan orang dalam,” pungkasnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close