Hukum

Polisi Razia 43 Pelajar Balap Liar

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Jajaran Polrestabes Surabaya mengamankan 43 remaja yang terjaring razia balap liar, di Jalan Semarang dan Jalan Dupak Demak Surabaya.

Kabag Ops Polrestabes Surabaya AKBP Bambang Sukmo Wibowo mengatakan, razia tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti laporan dari masyarakat yang selama ini merasa terganggu dengan aktivitas balap liar ini.

Menurut AKBP Bambang Sukmo, polisi langsung melakukan penyisiran dan patroli di lokasi yang menjadi keluhan masyarakat sekitar pukul 03.00 WIB – 04.00 WIB. Hasilnya, polisi berhasil mengamankan puluhan remaja yang masih berstatus pelajar dan bersekolah di salah satu SMA/SMK di Surabaya. Tidak sedikit dari mereka berusia masih dibawah 17 tahun yang belum diizinkan mengendarai motor.

“Kami menyasar ke lokasi yang berpotensi ada gangguan keamanan. Hasilnya kami amankan 43 orang yang suka menggelar balap liar. Sebagian besar mereka adalah siswa. Tentu ini menjadi atensi yang besar bagi kami. Pembinaan bukan hanya lingkungan tapi keluarga juga punya andil yang besar dalam hal ini,” kata AKBP Bambang, Jumat (1/6/2018).

Dari hasil razia itu, lanjut AKBP Bambang, polisi juga mengamankan 27 unit motor yang digunakan untuk balap liar. kegiatan balap liar itu tidak hanya terjadi pada bulan ramadhan saja. Sasaran mereka cenderung beraksi di beberapa titik yang memang tidak ada petugas dan lokasi sepi.

Mengenai sanksi pada puluhan pelajar itu, AKBP Bambang Sukmo mengaku pihaknya akan melakukan pembinaan dengan memanggil orang tua dan pihak sekolah. Pemanggilan itu diharapkan agar mereka bisa lebih baik dan tidak lagi menyalurkan hobinya dengan menganggu ketenangan masyarakat. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close