Metropolitan

Polisi Minta Pemprov Segera Terapkan ERP di Jalanan Ibu Kota

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Polda Metro Jaya menyarankan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk segera menerapkan sistem jalan berbayar elektronik atau Electronic Road Pricing (ERP) sebagai ipaya mengatasi kemacetan khususnya di jalan protokol.

Pasalnya, jumlah kendaraan di Ibu Kota telah mencapai 20 juta per hari dan diprediksi terus bertambah, sehingga ERP dirasa sebagai salah satu cara mujarab mengurangi kemacetan.

“Kalau bisa ERP (jalan berbayar) dipercepat, tapi semuanya adalah kewenangan dari Pemprov DKI Jakarta,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Halim Pagarra di Jakarta, Senin (26/3/2018).

Ia mengakui, pihaknya sudah menyiapkan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), sehingga siap bila ERP ditetapkan. Apalagi, tak lama lagi ibu kota segera mendapatkan amunisi transportasi baru seperti LRT dan MRT yang masih terus dikerjakan.

“Kan perlu adanya infrastruktur pendukung dan sekarang masih dibangun seperti LRT, MRT dan yang lainnya,” katanya.

ERP akan diterapkan di Jalan Sudirman-MH Thamrin. Diyakini sistem jalan berbayar itu akan mengurangi kemacetan di Jakarta hingga mencapai 60 persen.

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close