Metropolitan

Polisi Larang Skuter Listrik Beroperasi di Jalan Raya

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Ditlantas Polda Metro Jaya melarang skuter listrik untuk beroperasi di jalan raya. Imbauan diterapkan kepada seluruh Satuan Lalu Lintas di wilayah hukum Polda Metro Jaya pascainsiden meninggalnya pengguna skuter listrik di kawasan Senayan.

“Kita imbau kepada masyarakat kalau menggunakan skuter listrik sebaiknya di lingkungan perumahan, tidak gunakan di jalan raya,” kata Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregas, Kamis (14/11/2019).

Selain itu Fahri bilang imbauan tersebut dikeluarkan lantaran penggunaan skuter listrik yang menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna jalan lainnya. Saat ini Polda Metro Jaya masih menyusun regulasi terkait operasional skuter listrik.

“Skuter listrik itu masih dibahas oleh Korlantas Polri dengan Kementerian Perhubungan, nanti dikategorikan apa nih, kalau kendaraan bermotor kan memang harus diregistrasikan berdasarkan undang-undang,” ucap Fahri.

Apabila skuter listrik dikategorikan sebagai kendaraan bermotor maka bisa ditindak sesuai UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Polda Metro Jaya dalam hal ini akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk membahas operasional skuter listrik.

“Kita akan koordinasi apakah bisa dibatasi operasionalnya, selain itu ada aturan terkait masalah sistem keamanannya seperti menggunakan helm, wajib berlampu, lampu yang besar depan belakang. Jadi, kita lihat dengan instansi terkait,” ujarnya.

Selama aturan skuter listrik belum jelas, Korps Bhayangkara akan melakukan pembatasan dan larangan penggunaan skuter listrik di daerah tertentu.

“Makanya kami godok terus ini ya, otopet listrik ini mudah-mudahan segera ada solusinya, minimal ada daerah mana yang boleh dilewati,” tutup Fahri. (Ant)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close