Hukum

Polisi Lanjutkan Proses Hukum Sukmawati

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Bareskrim Polri memastikan tetap melanjutkan proses hukum puisi Sukmawati Soekarnoputri yang diduga mengandung ujaran kebencian bernuansa SARA.

“Ya saksi, pelapor, atas laporan itu kami akan mintakan keterangan,” ujar Kabareskrim Polri Komisaris Jenderal Pol Ari Dono Sukmanto di Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Dia menegaskan, Kepolisian akan bersikap profesional.

Ari mengatakan, sejauh ini pihaknya masih melakukan penyidikan atas laporan sejumlah pihak, terkait kasus ini. Dia pun memastikan akan memanggil ahli untuk membuat terang kasus ini.

“Lidik dulu. Nanti, kami lihat. Kan, ada ahli juga kami mintai keterangan. Ya bertahap,” ucapnya.

Disinggung masalah permintaan maaf Sumawati kepada publik dan kepada Majelis Ulama Indonesia, Ari Dono tak mau mengomentarinya lebih jauh.

Ia mengatakan, pihaknya hanya mengusut perkara hukumnya, sesuai regulasi yang ada.

“Kalau Bareskrim, hanya penegakan hukum. Jadi, ya aspek hukumnya nanti akan kami lihat, ada enggak peristiwa pidana dan sebagainya,” kata Ari.

Sebelumnya, puisi Sukmawati Soekarnoputri berjudul ‘Ibu Indonesia’ di acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018, menuai kontroversi. Sebab, dari bait puisi yang dibacakan putri Proklamator RI itu menyinggung-nyinggung syariat Islam, seperti azan dan cadar.

Sejumlah pihak pun melaporkan Sukmawati ke polisi. Meskipun belakangan dia sudah menyampaikan permintaan maaf ke umat Islam.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close