Kriminal

Polisi Kejar Wanita Gelapkan Uang Perusahaan Rp 2 Miliar

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Kasat Reskrim Polrestabes Bandung, AKBP M Rifai mengatakan pihaknya memburu seorang perempuan berinisial YHS yang telah menggelapkan uang sebesar Rp 2 miliar saat tersangka masih menjabat staf di PT Saritama Tarasindo Citra (STC).

“YHS telah ditetapkan tersangka dan masuk ke daftar pencarian orang (DPO). Saat ini kita mencari keberadaannya untuk dilakukan proses hukum, mulai minggu depan intensif akan kami lakukan pengejaran,” kata Rifai, di Bandung, Rabu (17/7/2019).

Sebelumnya, pada Selasa (16/7) sore, tim kuasa hukum PT STC mendatangi Mapolrestabes Bandung guna mempertanyakan perkembangan pencarian YHS yang sampai saat ini masih buron.

“Respons positif pun sudah dinyatakan oleh Kasat Reskrim Polrestabes Bandung tadi, tersangka YHS akan dikejar mulai minggu depan,” kata kuasa hukum PT STC, Marten Lucky Zebua di Mapolrestabes Bandung.

Dijelaskan, kasus ini bermula pada tahun 2018 lalu. YHS diduga menggelapkan uang perusahaan distributor kopi itu senilai Rp 2 miliar dengan cara memanipulasi cash flow keuangan perusahaan.

“Tersangka sering menilap uang perusahaan karena berada di lingkup bagian keuangan,” katanya.

Misalnya, kata Lucky, pembayaran yang seharusnya dibayar Rp 10 juta, jadi dibayar Rp 9 juta. “Seringnya menilap, maka total kerugian yang tercatat senilai Rp 2 miliar,” ucapnya.

Pihaknya mengaku, perusahaan belum melakukan audit di tahun-tahun sebelumnya, sehingga tidak menutup kemungkinan penggelapan ini tidak hanya terjadi pada tahun 2018 saja, dan nilainya pun bisa jadi lebih besar dari Rp 2 miliar. Sayangnya, ketika YHS sudah ketahuan menilap sejumlah uang, dia berhasil lolos.

“Saat itu sudah dicegah untuk keluar kantor sama sekuriti, tapi tersangka lolos dibonceng pergi suaminya,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close