Polisi: Kami Temukan Bandar Pemasok ke Kalangan Jetset

Polisi: Kami Temukan Bandar Pemasok ke Kalangan Jetset
Detikcom

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Di tengah heboh kasus Nia Ramadhani dan suaminya Ardi Bakrie, Polres Metro Jakarta Pusat membongkar bandar narkoba dengan jumlah barang bukti yang besar. Bandar narkoba ini disebut-sebut memasok ke kalangan jetset.

Total ada 5 tersangka yang ditangkap polisi dalam kasus ini. Polisi menyita sejumlah sabu yang cukup besar dari kelimanya.

"Kami temukan bandar, nanti barang buktinya cukup banyak. Kami duga, berdasarkan penyidikan kami ini, (narkoba) digunakan oleh kalangan-kalangan tertentu, kaum-kaum jetset, kalangan-kalangan elite," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi kepada wartawan di Polres Jakpus, Sabtu (10/7/2021).

Hengki mengatakan, bandar kalangan jetset ini ditangkap sebelum Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie tertangkap.

"Sebelum kita menangkap tiga tersangka yang tadi, ZN, AAB (Ardi Bakrie), dan RA (Nia Ramadhani), kami sudah menangkap ini dulu (bandar narkoba di kalangan elite), baru kami kembangkan," katanya.

Bandar tersebut disebutkan memasok narkoba ke kalangan jetset hingga artis.

"Kami sudah petakan kira-kira, dugaan kuat bahwa ini memang untuk kalangan tertentu sebagaimana kami sampaikan tadi," jelas Hengki.

Lebih lanjut Hengki mengatakan pihaknya telah memetakan peredaran narkoba kelima bandar ini. Hengki pun mewanti-wanti para pemakai narkoba untuk berhenti sebelum jajarannya melakukan penangkapan.

"Tentu saja, kalau masih ada yang menggunakan, tunggu waktu, akan kami tangkap," tambahnya.

Jaringan Terputus

Meski bandar ini memasok kalangan jetset, ini tidak ada kaitannya dengan jaringan pemasok sabu ke Nia Ramadhani-Ardi Bakrie. Jaringan pemasok ke Nia Ramadhani-Ardi Bakrie merupakan jaringan terputus.
"Jadi kemarin ada missing link. Kita sudah petakan (jaringan) atas, yang tengah ini ternyata dia menggunakan ini ada missing, tapi akan kita kejar," jelas Hengki.

Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie ditangkap polisi setelah sopirnya tertangkap. Dari sopirnya itu, polisi menyita 0,78 gram sabu dan bong yang diakuinya adalah milik Nia Ramadhani.

Hingga saat ini, polisi masih mendalami jaringan pemasok sabu kepada Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie.

Sopir Tak Bertemu Pengedar

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Indrawienny Panjiyoga mengungkapkan ZN tidak bertemu langsung dengan pemasok ketika melakukan transaksi narkoba. Pemasok hanya menempelkan sabu pesanan ZN pada suatu tempat.

"Sopir dari Saudara NR yang mengambil barang tersebut. Jadi barang ini tidak langsung bertemu dengan pengendarnya, melainkan barang itu ditaruh di suatu tempat, istilahnya ditempel," kata Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Indrawienny Panjiyoga di Polres Metro Jakarta Pusat, Sabtu (10/7/2021).

Sistem transaksi 'tempel' tersebut membuat polisi kesulitan melacak identitas pemasok narkoba kepada Nia Ramadhani. Menurut Panjiyoga, pihaknya masih menelusuri pelaku tersebut.

"Rekan-rekan kami yang di lapangan juga masih melakukan penyelidikan. Mudah-mudahan dapat mengungkap atau menangkap siapa pengedar barang tersebut ke tiga tersangka yang sudah kami amankan," jelas Panjiyoga.