Lintas Daerah

Polisi Gulung Preman Jelang Asian Games

SUMSEL, SENAYANPOST.com – Untuk menciptakan kondisi kamtibmas tetap kondusif menjelang pelaksanaan Asian Games pada 18 Agustus-2 September 2018, Kepolisian Resor (Polres) Kota Palembang, Sumatera Selatan, melakukan operasi cipta kondisi dengan menertibkan preman yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.

“Preman berpotensi melakukan tindakan kriminal dan meresahkan masyarakat perlu ditertibkan,” ujar Kapolresta Palembang, Kombes Wahyu Bintono, di Palembang, Jumat (6/7/2018).

Ia menjelaskan, pihaknya menurunkan puluhan personel didukung anggota Kodim 0418 Palembang untuk menertibkan preman yang berpotensi melakukan tindak kejahatan yang dapat mengancam keselamatan jiwa dan harta benda masyarakat serta tamu dari berbagai negara peserta Asian Games.

Personel gabungan sepanjang Juli 2018 ini berupaya melakukan razia preman di sejumlah kawasan yang biasa menjadi tempat berkumpul dan melakukan aksi pelanggaran hukum. Mereka yang menjadi sasaran petugas gabungan, seperti pelaku pemungutan uang parkir di luar ketentuan dan tempat yang ditetapkan, penjambretan, penodongan dan tindakan kriminal lainnya.

Petugas yang diturunkan ke lapangan juga melakukan razia masyarakat yang tidak memiliki keterangan identitas diri, menjual dan mengonsumsi minuman keras, narkoba, serta membawa senjata tajam. Preman atau siapa pun yang terbukti melakukan pelanggaran hukum dalam operasi cipta kondisi itu akan ditindak tegas sesuai dengan ketentuan hukum.

Melalui upaya ini, jelas dia, diharapkan dapat dicegah berbagai aksi premanisme menjelang dan pada saat berlangsung pesta olahraga negara-negara kawaaan Asia itu, dan secara umum masyarakat dapat melakukan aktivitas rutin dengan tenang, aman, dan nyaman. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close