KriminalLintas Daerah

Polisi Gerebek Pabrik Miras Trobas di Kebun Kopi

MALANG, SENAYANPOST.com – Sebuah rumah yang ditenggarai menjadi tempat produksi minuman keras (miras) jenis Trobas di kawasan Malang Selatan digerebek Satreskrim Polres Malang.

Dari hasil penggerebekan itu polisi berhasil mengamankan barang bukti 45 drum fermentasi ketan hitam serta bahan pembuatan miras jenis arak dan Trobas serta berbagai alat pembuat miras tersebut.

Sementara pemilik berinisial SU (60), warga Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang saat ini masih dalam pengejaran aparat kepolisian.

Kanit III Satreskrim Polres Malang, Ipda Afrizal Akbar Haris menuturkan, lokasi pembuatan miras itu berada di areal Kebun Kopi di Dusun Sumberpelus, Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan.

“Produksinya sudah berlangsung sekitar 2 tahun,” jelasnya, Selasa (10/4/2018).

Usaha produksi miras oplosan Trobas milik Sukinah sendiri, ungkap Afrizal, dari keterangan sejumlah saksi warga sekitar lokasi telah berlangsung selama sekitar 3 tahunan.

Sebelum dijual seluruh bahan pembuat miras itu terlebih dahulu ditimbun sepeti campuran ketan hitam, air dan ragi serta gula dicampur jadi satu.

Setelah ditimbun beberapa hari, baru kemudian dipanaskan dan dilakukan penyulingan. Baru kemudian menjadi alkohol dan dijual literan oleh pelaku.

Hasil produksi miras oplosan Trobas tersebut diedarkan dan untuk memenuhi permintaan di wilayah Kecamatan Gedangan.

Namun tidak tertutup kemungkinan wilayah edar miras Trobas milik Sukinah menjangkau wilayah lain di Kabupaten Malang.

“Tapi untuk memastikan jumlah liter miras yang diproduksi dan diedarkan kami masih terus melakukan penyelidikan dan memburu pemilik usaha ilegal itu,” tutur Afrizal.

Pemilik pabrik miras berinisial SU bakal dijerat dengan Pasal 204 ayat 1 KUHP atau pasal 62 junto pasal 8 ayat 1 UU nomer 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. “Ancaman hukumannya 15 tahun penjara,” pungkas Afrizal. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close