Hukum

Polisi Diminta Telusuri Motif Rius Vernandes soal Konten Menu Garuda

JAKARTA,SENAYANPOST.com – Dugaan kasus pencemaran nama baik maskapai Garuda Indonesia terkait menu kelas bisnis berujung ke jalur hukum. Polisi diminta mengusut motif Youtuber tersebut mengunggah konten kritiknya itu via Insta Story di Instagram.

Sekjen Masyarakat Sadar Wisata (Masata), Andi Azwan mengatakan, ada dugaan motifnya karena masalah persaingan bisnis dengan Garuda Indonesia.

“Elwiyana Monica, tunangan Rius ternyata bekerja sebagai pramugari di maskapai penerbangan Singapore Airlines (SQ),” kata Andi, Rabu (17/7/2019) seperti dilansir inews.

Selain itu, Rius yang juga seorang reviewer penerbangan, disinyalir seorang Key Opinion Leaders (KOL) maskapai SQ. Dia berharap, polisi dapat menelusuri latar belakang tersebut, serta alasan Rius mengunggah konten tersebut ke Instagram.

Sebelumnya, maskapai penerbangan Garuda Indonesia melaporkan youtuber, Rius Vernandes dan Elwiyana Monica, ke polisi. Sesuai jadwal, mereka dipanggil untuk pemeriksaan sebagai saksi, Rabu (17/7/2019) pagi tadi.

Hal ini menyusul unggahan Rius di Instagram soal kartu menu Garuda Indonesia yang hanya bertuliskan tangan. Sedangkan, manajemen maskapai pelat merah tersebut membantah kalau catatan tersebut merupakan menu resmi untuk penumpang.

“Postingan Rius kurang bijak. Kalau memang ada kejanggalan dan ingin mengkritik, harusnya tidak mengumbar di media sosial,” ujar dia.

Terkait kasus tersebut, Rius mengunggah video penjelasan di kanal Youtube dengan judul ‘Yang Sebenarnya Terjadi di Balik Menu Tulisan Tangan Garuda Businees Class’.

Dalam video berdurasi 21 menit 7 detik itu, Rius mengulas proses penerbangan dengan Garuda Indonesia dari Sydney menuju Denpasar.

Elwiyana yang ada saat itu juga turut berkomentar terkait menu tulis tangan kelas bisnis Garuda Indonesia. Dia mengatakan, tidak kecewa dengan maskapai nasional itu, namun keberadaan katu menu merupakan hal yang penting.

“Masa tidak ada menu, pakai kartu tulisan tangan. Tapi waktu cabin crew menjelaskan sedang printing (proses cetak), di sana saya merasa kehangatannya. Itu tetap lebih penting,” kata Elwiyana.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close