Hukum

Polisi Bekuk Banyak Pemilik Akun Hoax dan Periksa Perannya

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Polisi mendeteksi sejumlah akun yang menyebarkan konten berisi berita bohong alias hoax, ujaran kebencian, hingga konten provokatif dan memeriksa para pemiliknya. Temuan itu diketahui dari patroli siber yang dilakukan oleh Direktorat Siber Bareskrim Polri.

“Kami sudah mendeteksi berbagai macam akun yang sifatnya provokatif, menyebar hoaks, narasi ujaran kebencian,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Rabu (26/6), yang dikutip dari CNN Indonesia.

Dari sejumlah akun yang telah dideteksi tersebut, kata Dedi, Direktorat Siber juga telah melakukan pemeriksaan profil atau profiling. Bahkan, diungkapkan Dedi, sejumlah pemilik akun telah ditangkap.

Meski begitu, Dedi enggan membeberkan berapa orang yang telah ditangkap. Alasannya, penyidik masih melakukan proses pemeriksaan terhadap para pemilik akun tersebut.

“Setelah pemeriksaan akan kami sampaikan, saat ini penyidik sedang memeriksa, masih dipilah apakah dia creator (hoax), buzzer, atau forwarder (penerus pesan). Tidak hanya satu akun, tapi banyak akun,” jelasnya.

Lebih lanjut, diungkapkan Dedi, dari data Direktorat Siber tercatat ada 51 kasus selama periode Januari hingga Juni. Dari jumlah tersebut, tercatat 32 kasus telah selesai ditangani.

“Kalau tahun lalu itu satu tahun 52 kasus, tahun ini dari Januari sampai Juni ada 51 kasus,” ucap Dedi.

Sedangkan untuk kasus pencemaran nama baik tercatat sebanyak 657 kasus. Sedangkan untuk kasus ujaran kebencian tercatat sebanyak 101 kasus. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close