Nasional

Polemik TKA, Mendikbud: Kita Serap Kesaktian Ilmunya

JAKARTA, SENAYANPOST.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menegaskan kehadiran tenaga kerja asing (TKA) harus bisa dimanfaatkan dengan menyerap ilmu dari mereka.

Menurut Muhadjir, kesuksesan Jokowi saat masih menjadi pengusaha mebel contohnya. Jokowi sukses karena belajar dan menyerap ilmu bisnis dari negara asing.

“Pak Jokowi kenapa mampu bersaing di dalam ekspor, itu karena beliau belajar dari desainer-desainer Eropa, bahkan beliau pernah cerita beliau itu tengah malam menyelinap belajar sendiri,” kata Muhadjir pada sambutannya di acara Revitalisasi Bantuan SMK, Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Muhadjir menilai kebijakan Jokowi mempermudah jalan bagi TKA untuk masuk ke Indonesia bukanlah bermaksud menyingkirkan tenaga kerja dalam negeri.

Hal itu, kata dia, dimaksud agar para pekerja lokal mampu belajar dan mendapat ilmu dari para pekerja asing.

“Karena itu, kenapa beliau sangat getol minta supaya orang asing masuk. Jadi, bukan karena ingin membuang tenaga kerja di sini, bukan,” ujarnya.

Jika Indonesia ingin menciptakan tenaga kerja yang hebat, kata Muhadjir, maka pemerintah dan industri harus menarik TKA masuk untuk membagikan ilmunya.

“Dan kita serap kesaktiannya, ilmunya itu. Kemudian, kita cari di mana kelemahannya supaya kita lebih unggul dari dia,” kata Muhadjir. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close