Nasional

Polda Sulut Layak Tipe A Karena Pembatas Indonesia dan Filipina

JAKARTA (SenayanPost.com) – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang terletak di ujung Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berperan sebagai pembatas antara Indonesia dan Filipina.¬†“Selain itu, Sulut juga dilintasi jalur laut di bibir Asia Pasific serta memiliki sebelas pulau terluar,” kata Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan, pada pengukuhan Polda Sulut tipe A, di Manado, Senin (22/8/2016).¬†Polda Sulut layak tipe A karena pembatas Indonesia dan Filipina
Menurut Wakapolri, hal itu menjadi salah satu parameter pertimbangan peningkatan struktur Polda Sulut menjadi tipe A.
Dari aspek demografi dengan laju pertambahan penduduk semakin tinggi, lanjut Budi Gunawan, diperlukan penambahan personel Polri untuk memenuhi rasio jumlah polisi dan masyarakat, agar mendekati standar ukuran minimal yang ideal.
Selain itu, berdasarkan aspek perekonomian, adanya kebijakan infrastruktur perdagangan transportasni dan telekomunikasi, yang berdampak pada peningkatan terjadinya dimensi kejahatan di bidang ekonomi.
Berdasarkan aspek keamanan, Provinsi Sulut sangat rentan terjadi berbagai jenis kejahatan baik kejahatan konvensional, transnasional, kejahatan yang merugikan kekayaan negara dan kejahatan berpotesi kontijensi. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close