Polri

Polda Jatim Bekali Polisi Patroli Jalanan APD Cegah COVID-19

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Melindungi polisi yang tugas di lapangan dalam situasi wabah COVID-19, Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Timur membekali petugas patroli jalanan dengan alat pelindung diri (APD) untuk mengantisipasi penularan virus corona atau COVID-19.

Wadirlantas Polda Jatim AKBP Pranatal Hutajulu mengatakan pada setiap mobil petugas patroli jalan raya (PJR) dilengkapi dengan dua set APD.

“Kita melengkapi APD di setiap mobil patroli, khususnya PJR sebagai tanggung jawab kita yang bertugas menangani jalan tol,” kata Pranatal, Selasa (7/4/2020).

AKBP Pranatal menambahkan APD ini tidak digunakan petugas untuk berpatroli sehari-hari. Namun, jika ada temuan pasien dicurigai terpapar corona yang jatuh atau kecelakaan di jalanan, bisa langsung digunakan untuk mengevakuasi.

“Setiap mobil kami siapkan dua APD ini untuk antisipasi temuan pengendara yang mengalami sakit corona, yang jatuh, itu anggota bisa melakukan tindakan awal dan berkoordinasi dengan dinas kesehatan,” katanya.

Selain itu, apabila ada kecelakaan lalu lintas yang korbannya terpapar COVID-19, pihaknya akan berkoordinasi itu dengan dinas kesehatan.

Menurut AKBP Pranatal, APD ini penting agar polisi bisa langsung melakukan langkah awal sebagai tindakan evakuasi, dengan tetap mengedepankan antisipasi.

“Sudah dibagikan Kasat PJR ke jajarannya antisipasi terjadi hal darurat. Tapi kami tetap mengedepankan dinas kesehatan, namun kita juga mengantisipasi karena harus ada tindakan awal,” katanya.

Dia mencontohkan, misalnya jika korbannya tergeletak di tengah jalan dan dinas kesehatan membutuhkan waktu ke tempat kejadian perkara (TKP) dan korban harus dipinggirkan, di situlah pihaknya akan melakukan evakuasi. (WS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close