Nasional

PNS yang Pindah ke Ibu Kota Baru Bakal Dapat Rumah

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kementerian PAN-RB mencatat, jumlah aparatur sipil negara (ASN) atau PNS pusat yang pindah ke ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur sebanyak 118.000 orang. Jumlah tersebut tidak termasuk abdi negara yang akan memasuki usia pensiun.

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa setiap ASN yang pindah ke IKN akan diberikan rumah dinas. Fasilitas pendidikan juga disiapkan di ibu kota baru.

“Kita siapkan sekolah, rumah, sekolah mulai dari SD, SMP, SMA, perguruan tinggi kita siapkan, ada semua,” kata Tjahjo saat rapat dengan Komisi XI DPR RI, Jakarta, Senin (20/1/2020).

Meski sudah mengantongi jumlah PNS yang siap pindah ke IKN di Kaltim, Tjahjo mengatakan pihaknya akan memberikan pilihan kepada abdi negara mau atau tidak pindah. Jika tidak mau pindah ke IKN, maka akan diberikan pilihan pensiun dini.

“Memang ditanya dulu, kan nggak mungkin dia ngantor di Jakarta, orang semuanya pindah. Kalau tidak mau kan bisa program pensiun dipercepat,” jelas dia.

Dia pun mengaku bahwa pemindahan ASN akan dilakukan secara serentak pada tahun 2024. Hal itu sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close