Nasional

PMII: Elit Politik Hentikan Stop Sebarkan Info Hoax

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Para tokoh dan elit politik diminta agar tidak lagi menyebarkan berita bohong dan belajar dari kasus informasi bohong pengeroyokan aktivis Ratna Sarumpaet.

“Kami meminta kepada elit politik agar berhenti sebarkan berita-berita bohong,” kata Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) Agus Mulyono Herlambang, dalam siaran pers, Jakarta, Jumat (5/10/2018).

Ia menambahkan, berita bohong hanya menciptakan kegelisahan yang enggak ada efek positifnya sama sekali.

Menurut dia, elit politik seharusnya mengajarkan masyarakat untuk tidak menyebarkan berita tanpa mengkonfirmasi terlebih dahulu kebenarannya. Ia menyayangkan sikap elit politik yang terlalu gegabah dalam mencerna dan menyebarkan informasi.

“Sebagai tokoh politik, seharusnya merekalah yang mengajarkan masyarakat untuk berhati-hati mencerna informasi yang beredar terutama info-info dari media sosial. Bukan justru menjadi pelaku penyebar berita tidak benar,” kata Agus.

Menurut dia, kebohongan kasus penganiayaan Ratna Sarumpaet semakin meresahkan ketika mulai dikait-kaitkan dengan kepentingan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019 mendatang.

Pihaknya menyesalkan sikap politisi yang menjadikan kebohongan sebagai alat untuk mengambil simpati masyarakat.

“Kampanye politik harusnya menjadi edukasi publik, bukan sebaliknya, membodohi publik,” tegasnya.

Agus meminta elit politik agar benar-benar fokus pada rencana dan tawaran program kerja yang akan dilakukan oleh pasangan capres-cawapres dalam Pilpres mendatang.

Ia juga meminta elit politik agar lebih peka terhadap aspirasi masyarakat kecil, bukan justru terlibat dalam isu-isu sesat.

“Khusus untuk Pilpres, elit politik fokus saja pada program kerja apa yang akan dilakukan. Fokus pikirkan, untuk mensejahterakan rakyat apa yang perlu dilakukan. Bukan mengarang cerita untuk mengambil hati dan simpati rakyat dengan memposisikan diri sebagai korban,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close