Internasional

PM Selandia Baru Stay Cool Diguncang Gempa Saat Siaran Langsung

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Gempa bumi yang mengguncang saat sedang siaran langsung tidak membuat Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern panik. Peristiwa ini terjadi pada Senin (25/5/2020), dan Ardern pun melanjutkan siaran langsungnya.

Ardern yang menjabat sebagai PM Selandia Baru sejak 2017, terkenal karena dapat menangani krisis dengan kepala dingin. Contohnya saat penembakan massal di Christchurch tahun lalu, letusan gunung berapi pada Desember, dan pandemi virus corona baru-baru ini.

Dilansir dari Reuters, ibu kota Wellington dan sekitarnya diguncang gempa bumi berkekuatan 5,8 magnitudo dengan pusat gempa 30 km di barat laut Levin, kota dekat Wellington. Kedalaman gempa 37 kilometer menurut Geonet.

Saat gempa bumi terjadi, Ardern sedang berbicara di wawancara yang disiarkan langsung televisi dari gedung parlemen. Gedung itu dikenal dengan sebutan Beehive.

“Kami baru saja merasakan sedikit gempa di sini, Ryan…” katanya kepada pembawa Ryan Bridge. Saat itu, kamera dan benda-benda lain di sekitarnya bergetar.

“Getarannya lumayan di sini… jika Anda melihat benda-benda bergerak di belakangku. Beehive bergerak tidak seperti biasanya,” lanjut Ardern.

Wanita yang merupakan perdana menteri termuda sepanjang sejarah Selandia Baru itu meyakinkan pembawa acara bahwa dia baik-baik saja dan wawancara pun dilanjutkan.

Video Jacinda Ardern (39) yang stay cool saat diguncang gempa ini langsung viral di media sosial.

Di konferensi pers Ardern kemudian mengonfirmasi, tidak ada kerusakan dan tidak ada korban luka-luka. Akan tetapi, gempa yang mengguncang sekitar 30 detik ini menyebabkan kepanikan di Wellington.

Beberapa orang di kantor dan rumah kabarnya langsung berlindung di bawah meja. Selandia Baru berlokasi di area “Cincin Api” yang berisi jejeran gunung api aktif sepanjang 40.000 km.

Sementara itu kota Christchurch belum pulih sepenuhnya dari gempa 6,3 magnitudo pada 2011 yang menewaskan 185 orang.

Pada 2016, gempa berkekuatan 7,8 magnitudo melanda kota Kaikoura di South Island, menewaskan dua orang dan menyebabkan kerusakan senilai miliaran dollar. Dampak gempa bumi itu juga turut menimpa ibu kota Wellington, yang berada di North Island. (WS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close