FeaturesInternasionalTokoh

PM Justin Trudeau Perbolehkan Burkini di Kanada

TORONTO (SenayanPost.Com) – Bertolak belakang dengan pemeritah Perancis, Kanada lewat sang Perdana Menteri, Justin Trudeau, justru perbolehkan pemakaian burkini di negara itu.

“Di Kanada, kita harus saling toleransi,” kata Trudeau seperti dilansir dari The Guardian, Rabu (24/8/2016).

Trudeau menegaskan dia tidak setuju pelarangan atas burkini jika diterapkan di Kanada. Burkini adalah baju renang muslimah.

“Di Kanada, kita berbicara soal penerimaan, keterbukaan, persahabatan dan pengertian. Ini adalah tentang bagaimana kita melalui hari-hari di negara yang memiliki komunitas yang kaya akan perbedaan,” cetus Trudeau lagi.

Pernyataan Trudeu merespons keinginan beberapa anggota parlemen di Provinsi Quebec agar Kanada membuat kebijakan larangan burkini seperti di 15 kota di Prancis Tenggara–termasuk di antaranya di Kota French Riviera, resor turis di Nice yang pernah menjadi target teroris pada 14 Juli lalu.

“Permintaan pelarangan dari anggota parlemen bakal jadi debat publik saja. Mari kita hargai pilihan dan hak asasi individu,” ujar Trudeau.

Trudeau menyesalkan sekali ketika di satu sisi pemerintah diberitakan bersikap toleran tetapi di sisi lain bertindak melemahkan hak-hak individu.

“Menoleransi seseorang berarti menerima hak mereka untuk berada di masyarakat dengan syarat bahwa mereka tidak mengganggu kita juga. Pernyataan itu berlebihan,” pungkasnya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close