PM Jepang Yoshihide Suga Kunjungi Indonesia Pekan Depan

PM Jepang Yoshihide Suga Kunjungi Indonesia Pekan Depan
PM Jepang Yoshihide Suga

TOKYO, SENAYANPOST.com - Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga dijadwalkan melawat ke Indonesia pekan depan. Vietnam juga akan disinggahi pemimpin baru Jepang yang menggantikan Shinzo Abe itu karena sakit.

Kunjungan Suga ke Indonesia dan Vietnam melanjutkan tradisi yang telah dijalankan Abe yakni menjadikan dua negara tersebut dalam daftar kunjungan luar negeri pertamanya setelah menjabat.

Agenda kerja sama keamanan akan menjadi salah satu fokus pembahasan Suga dengan para pemimpin Indonesia dan Vietnam, di tengah cengkraman kuat China di Asia Tenggara.

Namun Suga diperkirakan tak akan menggunakan retorika keras untuk menentang China selama kunjungannya, berbeda dengan negara sekutu, Amerika Serikat, di mana para pejabatnya selalu menyertakan pesan agar mewaspadai China dalam kunjungannya ke Asia Tenggara.

"Saya pikir penting untuk menunjukkan, kami lebih menekankan dan mementingkan wilayah itu dan kami tertarik dengan situasi keamanan, terutama di Laut China Selatan," kata penasihat khusus Suga, Kunihiko Miyake dilansir Reuters, Jumat (16/10/2020).

Suga diperkirakan akan mengunjungi Vietnam yang tahun ini memimpin ASEAN serta Indonesia, negara ekonomi terbesar di kawasan, dalam perjalanan 4 hari yang dimulai Minggu (18/10/2020).

Jepang harus tetap menjaga keseimbangan, yakni antara menjaga hubungan ekonomi serta isu keamanan dengan China. Kedua negara itu juga terlibat konflik perairan di Laut China Timur.