Internasional

PM Irak Cari Menteri via Online

BAGHDAD, SENAYANPOST.com – Perdana menteri terpilih Irak Adel Abdel Mahdi dibuat sungguh tak berdaya saat ingin membentuk pemerintahannya. Bahkan untuk memilih menteri, dia dibuat pusing tujuh keliling.

Sehingga, pada Selasa (9/10/2018), Abdel Mahdi membuka pendaftaran online bagi para warga Irak yang berminat menduduki jabatan menteri.

Langkah tak lazim ini diambil setelah Abdel Mahdi, mantan wakil presiden Irak, kesulitan mengatasi perbedaan pandangan antara para politisi yang membentuk pemerintahan koalisi Irak.

Abdel Mahdi ditunjuk menjadi perdana menteri pada 1 Oktober lalu dan sesuai konstitusi memiliki waktu hingga 1 November mendatang untuk membentuk pemerintahan.

Situs pendaftaran ini memberi para kandidat menteri waktu hingga tiga hari untuk mendaftarkan diri sebagai menteri.

Para pendaftar harus mengisi data personal, menjelaskan orientasi politik, dan menyebutkan partai politik tempat mereka bernaung.

Pendaftaran ini terbuka bagi pria atau wanita dan mereka harus memiliki gelar sarjana atau yang sederajat sebagai syarat utama menjadi pejabat negara.

Para kandidat kemudian bisa memilih kementerian yang ingin mereka pimpin dan harus menuliskan visi sebagai pemimpin dan bagaimana cara mengelola tim secara efektif.

Para pendaftar juga harus menjelaskan visi terkait cara mengatasi masalah kementerian serta solusi praktisnya.

Abdel Mahdi (76) adalah seorang politisi veteran yang sudah menyaksikan politik Irak yang penuh friksi. Dia dianggap sebagai tokoh independen yang memiliki pengalaman amat cukup untuk menjadi perdana menteri.

Abdel Mahdi mendapatkan mandat untuk membentuk pemerintahan oleh presiden baru Barham Saleh, seorang politisi Kurdi berhaluan moderat. Barham Saleh dipilih parlemen Irak menjadi presiden pada 2 Oktober lalu mengalahkan tokoh nasionalis Masoud Barzani.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close