Politik

Plt Dirjen Katolik Dijabat Muslim, DPR: Sekjen Tak Paham Aturan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag) Nur Kholis Setiawan dinilai tidak paham aturan penunjukkan pejabat pelaksana tugas (Plt).

Penegasan ini disampaikan Wakil Ketua Komisi VIII Marwan Dasopang merespons polemik penunjukkan Plt Dirjen Bimas Katolik di Kemenag yang dijabat seorang muslim.

Ia menduga, Nur Kholis baru membaca aturan tersebut setelah ditanya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VII DPR RI, Senin (10/2) lalu. Sebab sebelumnya ia bersikukuh penunjukkan Plt tersebut sesuai aturan, ucap Marwan.

“Saya sangat kecewa dengan tindakan Sekjen Kemenag Nur Kholis Setiawan yang tidak memahami ketentuan dan mekanisme yang berlaku tentang pengangkatan pejabat Plt. mengisi kekosongan jabatan,” kata Marwan dalam keterangan tertulis, Selasa (11/2/2020).

Marwan menduga kecerobohan Nur Kholis tidak hanya terjadi dalam urusan Plt Dirjen Bimas Katolik. Ia menyebut reformasi birokrasi di Kemenag selama ini mandek karena kelambanan kerja Nur Kholis.

Politisi PKB itu bahkan menuding Nur Kholis berada di balik setiap kebijakan kontroversial Menteri Agama Fachrul Razi. Marwan menduga Fachrul selama ini salah langkah karena masukan yang kurang tepat dari Nur Kholis.

“Komisi VIII dalam waktu dekat akan mengonfirmasi ke Menteri sejauh apa dampak kesalahan terhadap kinerja dan lainnya di lingkungan Kemenag. Kalau diperlukan Menteri segera mengambil langkah-langkah perbaikan secara menyeluruh yang kita kenal reformasi birokrasi,” tuturnya. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close