Politik

PKPI Menangkan Gugatan di PTUN, KPU Harus Terbitkan Surat Lolos

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Ketua Umum PKPI AM Hendropriyono berbinar-binar di digotong ramai-ramai, Sekjen Imam Amshori Saleh pimpin sujud syukur di depan Majelis Hakim begitu Hakim Ketua PTUN Jakarta Dr Nasrifal SH mengetuk palu menyatakan seluruh gugatan PKPI diterima. Semua kader PKPI langsung berteriak gemuruh.

Suasana suka cita itu berlangsung di PTUN Jakarta, Cakung, Rabu (11/4 2018). Para kuasa hukum KPU yang dipimpin Ali Nurdin tampak lunglai meninggalkan ruang sidang.

“Alhamdulillah kita telah mendapatkan keadilan,” ucap AM Hendropriyono demgan wajah ceria dan senyum kebahagiaan.

Hendropriyono juga berterima kasih kepada Majelis Hakim yang telah memutuskan perkara gugatan PKPI secara tepat, memberikan hak konstitusional PKPI dengan pertimbangan hukum yang cermat.

Ketua Majelis hakim telah membacakan putusan secara bergantian dengan dua hakim anggota. intinya putusan KPU nomor 58/PL.01.1.1/Kpt 03/KPU/II/2018 yang menyatakan bahwa PKPI tidak lolos untuk mengikuti Pemilu 2019 dinyatkan batal demi hukum karena bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan dan asas-asas hukum.

“Dalam waktu 3 hari sejak ditetapkannya putusan ini KPU.harus.mencabut surat keputusan yang menyatakan PKPI tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2019 dan harus menerbitkan keputusan yang menetapkan PKPI sebagai peserta Pemilu 2019,” kata Hakim Nasrifal.

PKPI mengajukan gugatan ke PTUN menyusul keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menolak gugatan PKPI dalam sidang gugatan peserta Pemilu 2019.

Menurut Bawaslu, PKPI terbukti tidak dapat memenuhi syarat kepengurusan dan keanggotaan di empat provinsi dan 73 kabupaten/kota.

Surat Keputusan (SK) Pemilu Nomor 58/PL.01.1.Kpt/03/KPU/II/2018 tentang Penetapan Parpol Peserta Pemilu 2019 yang menyatakan PKPI tidak memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu 2019 dinyatakan sah menurut hukum.

Tapi kemudian PTUN memutuskan PKPI berhak menjadi peserta Pemilu 2019 setelah memeriksa bukti-bukti, para saksi dan saksi ahli. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close